Balai Kota Among Tani Jadi Ajang Donor Darah ASN Pemkot Batu

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bersama para ASN pemkot saat mengikuti donor darah yang digelar PMI di balaikota setempat, Senin (18/9).

Kota Batu, Bhirawa.
Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) pemkot mendatangi Graha Pancasila yang ada di Balai Kota Batu, Senin (18/9).

Mereka mendonorkan darahnya melalui PMI yang membuka pelayanan khusus di balaikota. Pelayanan khusus ini digelar dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-78.

Aries AP dan para ASN memberikan contoh keteladanan kepada masyarakat untuk aktif dalam pelayanan kemanusiaan dengan mendonorkan darahnya.

Usai memimpin apel pagi, Aries langsung mengantri bersama ASN peserta donor darah lainnya untuk melaksanakan screening, pemeriksaan tensi darah dan Hb.

Aries dinyatakan lolos sebagai pendonor. “Ayo kita donor darah. Dengan donor darah tubuh akan sehat dan untuk pelayanan kemanusiaan, membantu mereka yang membutuhkan,” ajak Aries, Senin (18/9).

Sebelum para pendaftar dinyatakan lolos dan layak menjadi pendonor darah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya, berusia antara 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, suhu tubuh normal sekitar 36,6-37,5 Celcius, tekanan darah antara 70-160 mmHg.

Kemudian Hemoglobin untuk perempuan minimal 12 gram sedangkan untuk pria minimal 12,5 gr, tidak meminum obat 3 selama 3 hari sebelumnya, tidak bepergian keluar negeri 6 bulan terakhir. “Dan maksimal, penyumbangan 5 kali setahun dengan jarak 3 bulan,” tambah Aries.

Sebagai peserta yang dinyatakan layak menjadi pendonor, ybs tetap tidak diperbolehkan memberikan darahnya jika terindikasi menderita beberapa penyakit.Di antaranya, TBC, Hepatitis, Syphilis, malaria dan HIV.

Ditambahkan Ketua PMI Kota Batu, Punjul Santoso bahwa mendonorkan darah merupakan kegiatan yang mulia karena dapat ikut membantu mereka yang membutuhkan.

Kemudian dengan mendonasikan darah juga dapat memiliki keuntungan kepada ybs dari segi kesehatan. “Salah satu keuntungannya adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung,” ujar Punjul. Dan dalam kegiatan kali ini, menandai 78 tahun dedikasi PMI khususnya di Kota Batu dalam melayani kemanusiaan.

Iapun berharap kegiatan ini memberikan semangat kepada pengurus PMI untuk mengolah darah dan membangun kesadaran masyarakat untuk berdonor darah.

Diketahui, sebelum mengikuti donor darah, Aries AP juga menyampaikan apresiasinya dalan Semangat Apel Pagi terkait kesuksesan Kontingen Kota Batu dalam memperbaiki perolehan medali emas dalam Porprov VIII Jatim tahun 2023.

Aries menyampaikan terima kasih dan bangga atas prestasi para atlet, pelatih, para pokja cabor yang telah meraih 22 medali emas, 13 medali perak dan 13 medali perunggu.

Prestasi ini cukup fantastis bagi Kota Batu karena mampu meraih emas dua kali lipat dibanding gelar Porprov sebelumnya. [nas.dre]

Tags: