Baliho Ilegal Bacabup Mulai Dibersihkan Satpol PP Tuban

Petugas gabungan dari Satpol PP Pemkab Tuban bersama Tim dari Bakesabangpol saat menurunkan Baliho milik para Bacabup Tuban.

Tuban, Bhirawa
Selain telah melanggar Peraturan Daerah (Perda), petugas gabungan dari Satpol PP dan Kesbangpol Kabupaten Tuban, menurukan sejumlah Baliho Bakal Calon Bupati (Bacabup) di perempatan Jalan Pramuka yang menutupi papan reklame berbayar salah satu perusahaan properti di Tuban, Senin (6/1/).
Seperti yang disampikan Kasatpol PP Pemkab Tuban, Hery Muharwanto usai menurunkan sejumlah baliho, bahwa Baliho Bacawabub yang terpasang termasuk illegal.
Karena sebenarnya Baliho tersebut masuk dalam golongan reklame berbayar, juga selain tidak memberikan pemasukan ke Kas daerah dan telah melanggar Perda Kabupaten Tuban nomor 16 tahun 2014.
“Pemilik reklame berbayar lapor pada kita, kalau reklamenya ditutupi, selain seluruh baliho milik Bacawabub yang dipasang melanggar Perda,” kata Kasatpol PP Tuban, Hery Muharwanto.
Hery juga menuturkan, pihaknya dan instansi terkait, diantaranya Kesbangpol, Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Tim Sukses para Bacabup terkait akan diperlakukannya iklan berbayar terhadap reklame yang akan dipasang.
“Semuanya akan kita undang pada hari Jumat (10/1),” kata Didik Purwanto Kepala Kesbangpol Pemkab Tuban. Sementara itu, Erik D. Ulul Supervisor Marketing Granada saat dikonfiramasi mengatakan, pihaknya melapor ke Kesbangpol karena papan reklame milik perusahaannya yang sudah tertutupi selama satu bulan ini, merasa sangat dirugikan.
“Tadi pagi kita lapor, langsung ditindaklanjuti, terimakasih Pemkab Tuban, respon sangat cepet,” kata Erik D. Ulul yang juga ikut menyaksikan penurunan Baliho para Bacawabub Tuban.
Erik juga menjelaskan, sebelum pihaknya sudah mengkomlpain ke salah satu fanpage Tim Sukses (TS) Bacabup, kalau bannernnya menutupi papan reklamenya. Namun, tidak diindahkan sama sekali. Akhirnya, mengambil langkah lapor ke Dinas terkait.
“Sudah menanyakan ke TS tapi tidak ada tindakan,” terangnya. Saat ini Baliho milik pAra Bacabub tersebut diamankan di kantor Kesbangpol Tuban. Selanjutnya bagi par tim sukses Bacabub bisa mengambil barang bukti tersebut tanpa ada biaya. (Hud)

Tags: