Balitbang Segera Manfaatkan Lampu Tenaga Matahari

lampu-tenaga-surya-_120907150217-287Pemprov Jatim, Bhirawa
Setelah mendapatkan manfaat dari pemasangan dua lampu penerangan terbuka bertenaga matahari, kini Badan Penelitian dan Pengembangan Jatim kembali membeli enam lampu penerangan terbuka untuk menerangi kawasan perkantorannya.
Kepala Balitbang Jatim, Ir Priyo Darmawan MSc mengatakan, adanya pemasangan lampu penerangan terbuka bertenaga matahari ini maka terjadi efesiensi jika harus menggunakan lampu penerangan tenaga listrik.
Diakuinya, pemasangan lampu penerangan bertenaga matahari ini meskipun terjadi efesiensi namun harga pembeliannya lebih mahal. Harga agak mahal itu terletak pada panel surya dan baterai.
“Ada memang beberapa teknologinya memang agak mahal. Kalau dihitung,  masih ada efesiensinya. Sebab, sekali pasang bertahan tahunan dibandingkan penerangan dengan menggunakan listrik. Setidaknya ditotal bisa bertahan sampai 25 tahun,” tandasnya.
Dalam kesempatan ini, Priyo juga mengajak agar SKPD lainnya juga melakukan hal yang sama dalam upaya melangsungkan penghematan. “Lebih bagus lagi kalau SKPD lainnya bisa seperti ini,” ujarnya.  [rac]

Tags: