Bangga dengan Smart City

H Dadang Wigiarto SH

H Dadang Wigiarto SH
Orang nomor satu di Situbondo H Dadang Wigiarto merasa bangga dengan suksesnya pelaksanaan smart city di Kota Santri. Bupati dua periode itu mengaku sudah menggelontorkan dana sebesar Rp30 miliar untuk realisasi smart city di kabupaten yang ia pimpin. Di mata Bupati Dadang, nilai anggaran sebesar itu masih kalah jauh dengan daerah maju lainnya yang tembus angka triliunan rupiah.
Menurut Bupati Dadang, ia merasa bangga dengan program smart city karena Situbondo menjadi daerah nomor tiga se-Indonesia yang memiliki program smart city. Bahkan Situbondo kali ini berhasil meraih nilai A dari program SAKIP.
Artinya, sebut dia, saat ini keberadaan Kabupaten Situbondo sudah bisa disejajarkan dengan daerah maju lainnya di Tanah Air. “Pencapaian nilai A menjadi pendorong semangat kami untuk menjadikan Situbondo menjadi Kabupaten terbaik di nusantara,” harap Bupati Dadang.
Keberhasilan program smart city juga ditopang oleh keberadaan anak muda dan pelajar di Situbondo, yang sukses meraih berbagai penghargaan nasional dan internasional. Bersama kalangan anak muda, pemkab terus bersinergi untuk menjadi motor strategi bagi kemajuan Situbondo kedepan.
Saat ini juga, terang Bupati Dadang, Situbondo sudah memiliki papan nama nasional dalam bidang penghargaan smart city. Sebagai salah satu pendukung smart city, sejak tahun 2019 lalu, Kabupaten Situbondo mulai serius menggarap wisata.
“Alhamdulillah wisata Kampung Kerapu Situbondo dinobatkan sebagai wisata alam nomor 1 di Jatim. Imbasnya melalui Perperes, wisata Kampung Kerapu akhirnya digerojok dana 50 miliar untuk kelanjutan pengembangan wisata tersebut,” jelasnya.
Dari program smart city ini pula, terang Bupati Dadang, saat ini jalur kereta api jurusan Jember-Situbondo yang lama mati, akan segera diaktifkan kembali. Nantinya, sebut dia, kereta api itu dilanjutkan ke kawasan Pelabuhan Panarukan sebagai tempat muat barang berlevel nasional dan internasional.
Tak cukup itu, dengan imbas program smart city ini pula, Provinsi Jatim mengembangkan kawasan Pelabuhan Jangkar untuk memenuhi kebutuhan pemuatan barang khusus untuk wilayah Indonesia Timur. “Situbondo dengan smart city akan menjadi wilayah pendukung pengembangan kawasan pelabuhan Jangkar ini,” pungkasnya. [awi]

Rate this article!
Bangga dengan Smart City,5 / 5 ( 1votes )
Tags: