Bangga Raih Juara III

Hari Suhartono

Hari Suhartono
Meski berada di pelosok pegunungan, salah satu siswa SMKN 1 Sempol, Kabupaten Bondowoso berhasil menorehkan prestasi membanggakan bagi dunia pendidikan di Kota Tape Bondowoso. Sebab, Hari Suhartono, dengan didampingi Rizki Rizkiansyah sebagai guru SMKN 1 Sempol berhasil menyabet prestasi lomba bidang design factory I/O, yang dihelat Jurusan Teknik Politeknik Negeri Jember dalam event Roadshow dan Gelar Teknologi Unggulan (Engineering Expo) 2023, baru baru ini.

Menurut Hari Suhartono, Kepala SMKN 1 Sempol, Kabupaten Bondowoso, Susiana SP sengaja mengirim dirinya pada event Roadshow dan Gelar Teknologi Unggulan (Engineering Expo) 2023 untuk mencetak siswa yang berprestasi di masa mendatang.

Dalam kegiatan ini, kata Hari, dirinya mengikuti beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya adalah pelatihan factory I/O sebagai Visualisasi Otomasi di Era Industri 4.0 yang dilaksanakan di dua kota di Jawa Timur yaitu di Jember dan Pasuruan. “Kegiatan di wilayah Jember dilaksanakan di Kampus Politeknik Negeri Jember,” tutur Hari.

Hari menambahkan, SMKN 1 Sempol mengikuti kegiatan tersebut dengan mengirim perwakilan 1 tim yang terdiri atas satu siswa serta Rizki Rizkiansyah sebagai guru pendamping. Perwakilan dari SMKN 1 Sempol tersebut mengikuti lomba bidang design factory I/O.

“Tujuan dari SMKN 1 Sempol mengikuti ajang ini adalah untuk aktif berpartisipasi dan menambah pengalaman siswa. Yang pasti siswa butuh pengalaman nyata tentang teknologi dunia industri dan perkenalan dengan dunia perguruan tinggi,” ungkap Hari.

Hari patut bersyukur karena pada lomba tersebut dirinya dapat memberikan prestasi pada SMK serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah. Bagi siswa sendiri, kupas Hari, ini akan memberikan pengalaman yang sangat berharga. “Saya mengajak kepada siswa yang lain agar juga ikut mencetak prestasi,” tegas Hari dengan didampingi Rizki Rizkiansyah sebagai guru pembina.

Dari hasil kegiatan perlombaan tersebut, sambung Hari, tim dari SMKN 1 Sempol berhasil meraih juara ketiga dengan presentasi Design Simulasi Automasi Conveyor Penyortiran Benda Berdasar Ketinggian. Hal itu, tuturnya, dapat memberikan kebanggaan pada SMKN 1 Sempol yg berada di wilayah Ijen Bondowoso. “Alhamdulillah, ini menjadi hadiah yang sangat berharga yang berbarengan dengan momen peringatan hari guru nasional tahun 2023,” tandas Hari.

Bagi SMKN 1 Sempol Kabupaten Bondowoso, capaian penghargaan ini bisa menjadi pelecut dan inspirasi bagi semua siswa SMKN 1 Sempol agar termotivasi untuk berprestasi di masa depan. “Semua siswa punya kesempatan untuk maju dan berkembang,” pungkas Hari. [awi.iib]

Rate this article!
Bangga Raih Juara III,5 / 5 ( 1votes )
Tags: