Bangkalan Dapat Kucuran Dana Desa Rp 79,1 M

Dana DesaBangkalan, Bhirawa
Kabupaten Bangkalan pada tahun 2015 ini mendapatkan dana Desa (DD) sebesar Rp 79.115.023,000, “Dana desa sebesar 79,1 milyar itu untuk 273 desa di kabupaten Bangkalan,” kata Kepala Bapemmas-Pemdes Bangkalan Ismed Effendi, Selasa (7/4).
Menurut Ismed, dana Desa tersebut akan dibagikan dengan ketentuan, 90 persen akan dibagi rata ke 273 desa se Kabupaten Bangkalan. Dan 10 persennya akan dibagikan sesuai indikator desa masing-masing dengan indikitor¬† tingkat kemiskinan (jumlah keluarga miskin), luas wilyah serta jumlah penduduk. “Dana Desa sampai saat ini belum cair, masih menunggu revisi PP No. 60 tahun 2014 tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari APBN. Jadi masih menunggu aturannya. Ini merupakan informasi awal saja,” ujarnya.
Nantinya, lanjut Ismed, Dana Desa akan di transfer ke rekening desa apabila desa telah menyelesaikan penyusunan APBDes-nya. “Perdesa diperkirakan akan mendapatkan dana Desa sebesar Rp 260 juta lebih,” terangnya.
Menurutnya, Dana Desa tersebut akan dicairkan ke desa dalam tiga tahapan, tahap pertama pencairan 40%, 40%, dan terakhir 20%, dengan tetap memperhatikan progres pelaksanaan kegiatan di lapangan, sedangkan perubahan PP akan ada keten tuan per tanggal 9 April ini. [mb8]

Tags: