Bank Commonwealth Digitalkan Seluruh Cabang di Kota Surabaya

Lauren Sulistiawati (tiga dari kiri) bersama para pimpinan bank Commonwealth, perwakilan BI dan OJK Jatim

(Manjakan Nasabah)

Surabaya, Bhirawa
Bank Commonwealth melanjutkan komitmennya dalam memberikan pelayanan prima untuk nasabahnya di Surabaya dengan membuka cabang utama berbasis digital di Jalan Panglima Sudirman pada Kamis (25/7) kemarin. Dengan hadirnya cabang utama di Jalan Panglima Sudirman ini, Bank Commonwealth telah mengkonversi seluruh cabangnya di kota Surabaya menjadi cabang dengan kapabilitas digital.
“Pembukaan cabang utama di Jalan Panglima Sudirman ini merupakan perwujudan komitmen Bank Commonwealth dalam memberikan pelayanan prima kepada nasabah, terutama nasabah kami di kota Surabaya. Sebelumnya di tahun 2018, kami telah meluncurkan dua cabang berkapabilitas digital di Surabaya Barat (Kantor Cabang Pembantu Bukit Darmo Golf) dan Surabaya Timur (Kantor Cabang Pembantu Manyar). Cabang utama di Jalan Panglima Sudirman ini hadir untuk dapat memberikan pelayanan dan cakupan yang lebih baik lagi di area Surabaya Tengah,” kata Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati saat membuka kantor cabang utama Bank Commonwealth di Jalan Panglima Sudirman.
Lauren menjelaskan, meski banyak nasabah kini menggunakan channel digital dalam bertransaksi, nasabah masih tetap membutuhkan cabang bank. Hal ini terungkap dari data survei yang dipublikasikan Deloitte pada awal 2019 berjudul “Recognizing The Value of Bank Branches in a Digital World”. Dalam survei tersebut terungkap bahwa kantor cabang menjadi pilihan utama nasabah dalam bertransaksi perbankan untuk produk yang kompleks. Sebanyak 68% nasabah masih datang ke cabang untuk berkonsultasi maupun melakukan pengajuan pinjaman dan 69% nasabah datang ke cabang untuk berkonsultasi mengenai wealth management.
Senada dengan Deloitte, dalam “2019 Consumer Digital Banking Survey” yang dipublikasikan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) pada Juni 2019 menyebutkan bahwa kantor cabang masih dibutuhkan nasabah. Menurut survei tersebut, sebanyak 61% nasabah menganggap bahwa kantor cabang yang dekat dengan aktivitas mereka dan lokasi yang strategis adalah hal yang penting. Di samping itu, nasabah juga menginginkan kantor cabang yang didesain untuk memberikan kenyamanan bertransaksi dan juga memudahkan transaksi mereka2
Di samping itu, dalam survei Deloitte juga disebutkan bahwa perbankan harus bertransformasi dengan menawarkan digital self- service dalam kantor cabangnya, namun tetap ada staff cabang yang membantu jika dibutuhkan dan juga memberikan pelayanan prima yang membuat nasabah merasa nyaman dan puas saat bertransaksi perbankan di kantor cabang. Hal tersebut sejalan dengan strategi yang dilakukan oleh Bank Commonwealth dalam melanjutkan perjalanan transformasi digital untuk menjadi pioneer pasar dalam menyediakan solusi keuangan digital untuk target nasabah di retail dan SME (small and medium enterprise) melalui “customer Recognizing The Value of Bank Branches in a Digital World, February 2019, Deloitte 2019 Consumer Digital Banking Survey, June 2019, PricewaterhouseCoopers centric organization” dengan pelayanan yang prima.
“Kehadiran cabang utama di Panglima Sudirman ini menambah digital based branch Bank Commonwealth di kota Surabaya sehingga menjadikan kota ini sebagai kota pertama, di antara sebaran jaringan kantor Bank Commonwealth, yang seluruh cabangnya telah di-upgrade menjadi cabang dengan kapabilitas digital,” jelas Lauren.
Surabaya memang menjadi lokasi prioritas Bank Commonwealth karena Ibukota Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan juga termasuk dalam kota industri terbesar di Indonesia. Di sisi lain, dari sisi jumlah nasabah Bank Commonwealth, Surabaya merupakan yang terbesar kedua sesudah Jakarta. Sekitar 30% dari jumlah nasabah kami di Surabaya merupakan wirausahawan. “Kami berharap dengan diterapkannya kapabilitas digital di seluruh cabang kami di Surabaya, kami bisa turut menjadi bagian pertumbuhan ekonomi Surabaya,” kata Lauren.
Selain menawarkan pelayanan berbasis digital (digital based branch), khusus di cabang utama Panglima Sudirman ini, Bank Commonwealth juga memberikan fasilitas tambahan istimewa bagi nasabah Premier yaitu dengan menghadirkan Premier Banking Lounge yang dilengkapi dengan ruang meeting nyaman yang dapat digunakan oleh nasabah Premier. Ke depannya, Lauren menambahkan, Bank Commonwealth akan terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan layanan digital untuk memberikan kemudahan akses perbankan bagi nasabah melalui digital ekosistem. Bank Commonwealth juga akan terus meningkatkan pelayanan primanya dengan memberikan layanan yang dapat menjawab kebutuhan nasabah dengan mudah, cepat, aman dan paperless yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan nasabah dalam era digital ini sesuai dengan “Purpose” Bank Commonwealth yaitu “to improve the financial wellbeing of customers and communities”.(ma)

Tags: