Bank Jatim Cabang Situbondo Gelar Sosialisasi Program Gubernur Jatim

Pemimpin Cabang Bank Jatim Situbondo, Ridholi Ichwan bersama Kacabdindik Wilayah Bondowoso Sugiono Eksantoso dan perwakilan Kepala SMA/SMK/PK-PLK Negeri-Swasta Kabupaten Situbondo usai menandatangani kerjasama di auditorium SMKN 1 Panji Selasa (23/6). [sawawi/bhirawa]

Jalin Kerjasama Program OSOA Bersama SMA/SMK/PK-PLK Negeri – Swasta
Situbondo, Bhirawa
Bank Jatim Cabang Situbondo menjalin MoU bersama Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bondowoso, mewilayahi Situbondo, Selasa (23/6). Penandatanganan digelar di Auditorium SMKN 1 Panji, dengan dihadiri Pemimpin Cabang Bank Jatim Situbondo, Ridholi Ichwan bersama Kepala Cabdindik Wilayah Bondowoso Sugiono Eksantoso.

Hadir seluruh Kepala SMA/SMK/PK-PLK Negeri – Swasta se Kabupaten Situbondo. Disela sela acara, kedua belah pihak menandatangani nota perjanjian kerjasama program kegiatan OSOA (One Student One Account) tahun 2020.

Menurut Ridholi, Program OSOA ini merupakan representasi dari program pusat yang diatur dalam sebuah Kepres dan Perpres. Selanjutnya ditindaklanjuti sesuai dengan arahan dari OJK Pusat. Menilik kebijakan ini Pemprov Jatim memandang keberadaan Program OSOA harus ditindaklanjuti dengan sebuah MoU antara Gubernur, OJK Jatim dan Direksi Bank Jatim.

”Nah kami (Bank Jatim Cabang Situbondo, red) melihat itu semua harus melakukan PKS dan MoU dengan Cabdindik Wilayah Bondowoso yang didalamnya melibatkan SMA/SMK/PK-PLK Negeri-Swasta se Situbondo,” ujar Ridholi.

Dalam program ini Bank Jatim mengajak dunia pendidikan Situbondo ikut serta mensukseskan Program RABU (RAjin menaBUng) dengan pola Bank Goes To School yang diadakan sebulan sekali setiap Hari Rabu. Langkah ini, diakui Ridholi sebagai sebuah pemberian edukasi agar peserta didik memiliki tabungan sejak usia dini.

”Harapan kami para peserta didik bisa mengenal program gemar menabung. Sehingga kedepan mereka merasakan manfaat dari program perencanaan keuangan dan dunia perbankan,” terang Ridholi.

Ridholi juga menjelaskan, Bank Jatim terus berkomitmen dan mendorong peserta didik agar mendukung kebijakan perbankan yang dibuat pusat dan daerah. Diantaranya, mewujudkan program ini. Bank Jatim melakukan penandatanganan MoU bersama Kantor Cabdindik Wilayah Bondowoso.

Program gemar menabung ini sebelumnya pernah digagas tahun 2017 lalu yang merupakan gagasan dan insiatif dari Bank Jatim sendiri dalam memasarkan produk Tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar). Karena kini OSOA menjadi Program Nasional. Maka Bank Jatim menekankan agar sektor pendidikan kian mendorong adanya Program Gemar Menabung di sekolah.

Disisi lain, Kacabdindik Provinsi Jatim Wilayah Bondowoso, Sugiono Eksantoso mengaku memiliki pandangan yang sama dengan Pemimpin Cabang Bank Jatim Situbondo perihal pentingnya sosialisasi program Gubernur Jatim bernama OSOA. Selain melatih siswa gemar menabung Program OSOA juga memiliki peran strategis bagi prospek kualitas pendidikan kedepan.

”Ya kami memang memandang kegiatan ini sangat penting. Maka kami melakukan perjanjian kerjasama dengan Bank Jatim Cabang Situbondo dengan melibatkan komponen SMA/SMK/PK-PLK Negeri-Swasta se-Kabupaten Situbondo,” papar mantan Kepala Cabdindik Wilayah Sumenep itu. [awi/adv]

Tags: