Bansos 2021, Pemkab Blitar Tunggu Petunjuk dari Pusat

Romelan

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Sosial Kabupaten Blitar masih menunggu petunjuk teknis Rencana penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2021,dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan sebelumnya pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial telah menyalurkan beberapa Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat mulai dari Program Keluarga Harapan ( PKH), Program Bansos Tunai untuk Peserta Program Sembako/ BPNT Non-PKH, Bansos Beras ( BSB) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Namun pada tahun 2021 ini pihaknya belum mengetahui secara teknis terkait Bansos tersebut.

“Kami masih menunggu apakah tahun ini kembali disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM terkait Bansos tersebut,” kata Romelan.

Lanjut Romelan, pihaknya juga masih belum mengetahui secara pasti tentang teknis penyalurannya Bansos kepada masyarakat pada tahun ini, apalagi kini telah terjadi pergantian Menteri Sosial yang baru.

“Sehingga sementara waktu terkait pemberian Bansos masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Bahkan dikatakan Romelan, pihaknya berharap semua bantuan yang sudah pernah diterima oleh masyarakat pada tahun 2020 lalu dapat diterima kembali mengingat saat ini wabah Covid-19 masih belum berakhir dan di Kabupaten Blitar mengalami penambahan positif yang cukup banyak akhir-akhir ini.

“Melihat kondisi saat ini, kami juga masih berharap adanya Bansos yang sangat bermanfaat untuk masyarakat sebagai dampak Covid-19,” ujarnya.

Tambah Romelan, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu mempermasalahkan Bansos dari Pemerintah Pusat, karena apabila bantuan tersebut kembali diberikan maka dengan cepat Dinas Sosial segera melakukan pendataan maupun verifikasi KPM di Kabupaten Blitar. [htn]

Tags: