Bansos dan Layanan Gratis Warnai Pembukaan TMMD Ke-119 di Lamongan

Bansos dan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, dan administrasi kependudukan dihadirkan pada pembukaan TNI Manunngal Membangun Desa (TMMD) ke – 119. (alimun hakim/ bhirawa).

Pemkab Lamongan, bhirawa
Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 119 di Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan dibarengi dengan pemberian Bansos kepada masyarakat sekitar.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Kasiter Korem 082, Dandim 0812 serta Forkopimda Kabupaten Lamongan turun langsung menyapa dan menyerahkan secara langsung.

Pemberian Bansos tersebut dihususkan kepada anak yatim yang berupa uang tunai, sembako dan tas sekolah kepada anak yatim dan lansia.

Pemkab setemoat menilai , TMMD masuk dalam muatan program Desa Berjaya. Memiliki komitmen pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, Kegiatan TMMD merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama TNI dalam memberikan respon terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“TMMD merupakan kegiatan kolaborasi Pemkab Lamongan bersama TNI untuk mewujudkan akselarasi pemerataan pembangunan dari fisik hingga non fisik,” ujar Pak Yes saat memimpin upacara pembukaan TMMD ke – 119 di Lapangan Desa Brengok, Kecamatan Brondong, Selasa (20/2).

Fokus pelaksanaan TMMD pada pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik meliputi rabat beton sepanjang 1.052 meter dengan lebar jalan 4 meter dan tinggi beton 0,20 meter, adapun pengerukan embung, dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit.

Sedangkan untuk non fisiknya adalah pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan wawasan kebangsaan cinta tanah air dan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Pasa pembukaan TMMD ke – 119 juga membuka pelayanan kesehatan gratis, pelayanan administrasi Disdukcapil, pelayanan administrasi Satlantas, hingga operasi pasar murah.

“Selain melakukan pembangunan merata, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan SDM dan menghadirkan pelayanan publik berkualitas secara inklusif,” terangnya.

Sementara itu Dandim 0812 Letnan Kolonel Arm Ketut Wira Purbawan yang sekakigus sebagai Komandan Satgas menerangkan, Kegiatan TMMD akan dilaksanakan selama satu bulan penuh mulai tanggal 20 Februari hingga 20 Maret mendatang.

“Dalam satu bulan penuh, kami akan memupuk semangat gotong royong menbangun desa. Ini adalah poin pentingnya yakni berinteraksi langsung dengan masyarakat, karena tujuan kami bukan hanya untuk sasaran fisik semata melainkan memelihara semangat gotong royong bersama masyarakat,” jelas Komandan Satgas TMMD 119 Ketut Wira. (aha.yit.gat).

Tags: