Bantu Kebutuhan Pangan, Sebar Daging Kurban

Pejabat Pemkot Batu saat menyerahkan secara simbolis sapi kurban dari Wali kota/ wawali Batu ke beberapa Masjid yang ada di kota ini.

Kota Batu, Bhirawa
Iduladha tahun ini merupakan hari raya kedua yang diperingati warga dalam masa sulit pandemi Covid-19. Beberapa kepala daerah mengurbankan sapi atau kambing dengan tujuan untuk ibadah sekaligus memberikan bantuan pangan kepada warga yang membutuhkan.
Wali Kota Batu, Wawali dan Pimpinan DPRD Kota Batu memberikan bantuan pangan berupa daging sapi. Hal ini direalisasikan melalui kurban hewan sapi limosin melalui beberapa Masjid penyelenggara kurban, Selasa (20/7).
Agar bantuan daging sapi bisa dirasakan warga secara merata, maka sapi kurban dari para pimpinan Eksekutif dan Legislatif ini diberikan kepada penyelenggara kurban yang berbeda. “Satu ekor sapi limosin dari Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko di sumbangkan ke Masjid At Taqwa Kota Batu,”ujar Kepala Diskominfo Batu, Ony Ardianto, Selasa (20/7).
Kemudian untuk sapi limosin dari Wawali Batu Ir H Punjul Santoso diserahkan ke Masjid Jami’ An-Nur, sapi dari Ketua DPRD Asmadi diserahkan ke Masjid Al Muttaqin, sapi dari Wakil Ketua I DPRD Nurrochman diserahkan ke MWC NU Kecamatan Junrejo Kota Batu.
“Adapun untuk Wakil Ketua II DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menyerahkan satu ekor sapi sejenis limosin ke Masjid di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu,”jelas Ony.
Semua sapi yang diserahkan para pimpinan ini berjenis limosin yang memiliki berat rata- rata mencapai 850 Kg. Artinya, akan banyak daging kurban yang bisa disalurkan kepada masyarakat yang kini tengah terdampak pandemi.
Melalui kurban sapi ini pula, mereka juga mengajak masyarakat untuk bisa meneladani semangat keikhlasan dalam momen perayaan hari raya kurban. Diharapkan masyarakat bisa mengerti terhadap kebijakan – kebijakan pemerintah yang dibuat untuk memutus mata rantai persebaran virus Covid-19.
“Dengan semangat berkurban, Pemkot juga mengajak kepada masyarakat yang beruntung untuk bisa saling bergandengan tangan membantu masyarakat yang kurang beruntung,” ajak Wawali.
Sementara itu Pemkab Tuban akan menyalurkan 30 ekor sapi dan 15 kambing. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dan Wabup Tuban, H. Riyadi pada sejumlah panitia penyembelihan hewan kurban, di halaman kantor Pemkab Tuban.
Adapun para penerima hewan kurban berupa 1 ekor sapi yaitu PD Muhammadiyah, PC Nahdlatul Ulama, Takmir Masjid Agung Tuban, Lapas Kelas IIB Tuban, dan pengurus pondok pesantren di kelurahan Kingking. Sedangkan, 1 ekor kambing diserahkan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) Jati Wiyata Dharma.
Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan penyerahan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian masyarakat. Mengingat pada masa pandemi Covid-19, daging hewan kurban yang dibagikan akan membawa manfaat bagi penerimanya. “Kami harap daging hewan dibagikan kepada warga membutuhkan dan tepat sasaran,” ungkapnya.
Bupati juga mengatakan proses pemotongan hewan qurban dijadwalkan pada 21-23 Juli di Rumah Potong Hewan (RPH), begitu juga proses penyaluran daging qurban nantinya akan didistribusikan oleh Pemkab Tuban. Rencananya, per kecamatan dialokasikan untuk dua desa dengan tiap desa akan memperoleh 150-200 paket daging kurban. [nas.hud]

Tags: