Bantu Kurangi Pengangguran, SFS Group Dedikasikandiri untuk UKM Indonesia

General Manager SFS Group, Rio Indradinata,

Surabaya,Bhirawa
Berbicara mengenai UMKM & UKM akan selalu menjadi topik pembicaraan yang sangat menarik. Bagaimana tidak, sektor tersebut memiliki peranan yang cukup besar terhadap perekonomian Indonesia & bahkan diklaim mampu menyediakan hingga 99% dari total lapangan kerja di Indonesia. Itulah kenapa perhatian pemerintah terhadap sektor UKM pun semakin kesini semakin besar.

Sayangnya perkembangan UKM di Indonesia dinilai masih jauh dari kata maksimal. Ini dikarenakan para pegiat UKM di Indonesia masih terbentur dengan keterbatasan pengetahuan & pengalaman. Hal-hal seperti tidak faham pemasaran, belum memanfaatkan kecanggihan teknologi, manajemen yang buruk, hingga SDM yang belum berkembang.

“Saya tahu persis bagaimana perjuangan Bpk Danan Simangunsong (Founder SFS Group), atau biasa dipanggil Pak Danny dalam merasakan susahnya mengembangkan UKM. Mulai dari menggunakan cara penjualan basic seperti dari rumah ke rumah, keterbatasan tempat & SDM produksi, intinya sudah berbagai jenis masalah pernah dialami beliau.” kata General Manager SFS Group, Rio Indradinata,kepada awak media (7/11).

“Pada tahun 2014, Bpk Danan Simangunsong memulai merintis UKM dari sebuah garasi kecil, hingga saat ini SFS Group berhasil menjadi sebuah perusahaan berskala Nasional melalui lini Food & Beverage yang mempunyai ribuan agen serta produk yang sudah tersebar di berbagai supermarket kota-kota besar hampir di seluruh Indonesia.” imbuhnya.

Setelah sukses mengembangkan SFS Group, Danan Simangunsong kemudian berkolaborasi dengan Ibu Maria Bernadette Lanniwati (Ex salah satu Dewan Direksi perusahaan TBK dengan omzet skala puluhan triliyun) untuk menyatukan visi positif yaitu memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan melakukan pembinaan bisnis pada pelaku UKM dari berbagai daerah di Indonesia melalui Program Entrepreneurship.

“Untuk saat ini jumlah total mitra binaan + agen kami sudah mencapai ribuan orang dari berbagai daerah, mulai dari Aceh sampai Merauke. Hampir seluruh Indonesia ya.” Ujar Rio.

“Ada contoh mitra binaan UKM kami yang profesinya ibu rumah tangga. Bisnisnya Almond Milk dari rumah, tanpa sewa tempat. Beliau aktif mentoring online dengan para mentor kami. Itu bisa dapat orderan tembus 15jt++ dalam waktu 2-3 mingguan saja. Itukan membanggakan ya, seorang ibu rumah tangga bisa sukses punya penghasilan sendiri meskipun usahanya di jalankan dari rumah.” Imbuhnya.

Melihat besarnya antusiasme pelaku UKM dan hasil yang positif dari bisnis yang dijalankan peserta Program, hal itu memperkuat tekad Danan Simangunsong & Maria Bernadette Lanniwati untuk semakin memantabkan langkah. Bahwa SFS Group harus bergerak lebih.

“Banyak faktor kenapa SFS Group ingin berkontribusi membangkitkan UKM di Indonesia. Salah satunya karena di saat pandemi seperti ini, perekonomian semakin loyo. Mulai dari PHK masal, banyaknya pusat perbelanjaan yang tutup, usaha pada bangkrut, dll. Sedangkan kalau kita lihat Indonesia ini sebetulnya punya banyak sekali produk-produk variatif hasil kreasi masyarakat yang sangat menarik untuk dikembangkan. Kami berharap bisa menularkan hasil didikan Mentoring Team kami untuk para pelaku UKM dengan skala yang lebih masif di saat-saat seperti ini.” Ujar Rio.

Selain beberapa Program Entrepreneurship yang sedang berjalan, saat ini SFS Group juga sedang mempersiapkan langkah yang lebih masif untuk meningkatkan kontribusi terhadap UKM di Indonesia. Salah satunya dengan sebuah program kompetisi untuk para pelaku UKM. Semacam ajang pencarian bakat, namun berfokus pada pencarian produk-produk UKM yang berkualitas. Dimana pendaftar juga akan berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan dari SFS Group

Mentoring Team, bahkan bisa berkesempatan untuk dibimbing oleh Danan Simangunsong, Maria Bernadette Lanniwati, dan Rio Indradinata sendiri.

Bahkan nantinya untuk pendaftar yang terpilih juga berkesempatan untuk mendapatkan kontrak ekslusif dari SFS Group. Dengan tujuan yang sama, yaitu membawa bisnis UKM para pesertanya menuju The Next Level.

“Oh untuk Next Program kita sedang proses penggodokan ya. Ini bakal menarik sekali sih, Intinya Pak Danan Simangunsong ingin SFS Group menjadi wadah untuk produk-produk berkualitas dari para pelaku UKM, yang kita akan turut kembangkan produk terpilih tersebut.” Ucap Rio.

Namun sayang sekali belum ada konfirmasi detail mengenai kepastian kapan program baru tersebut bakal di diperkenalkan. Jika ingin mengikuti perkembangan program tersebut bisa mengunjungi media sosial instagramnya di @spencersindonesia atau @sfsgroupid. Untuk infromasi lain tentang SFS Group bisa langsung mengakses website resmi www.spencerscalifornia.com atau www.sfsgroupid.com.(ma)

Tags: