Bantuan Makanan Mulai Didistribusikan Ke Korban Banjir Kesamben Jombang

Pendistribusian makanan berupa nasi bungkus dan air mineral oleh para relawan Tagana Jombang kepada korban banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Selasa siang (05/01). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Bantuan berupa makanan berupa nasi bungkus dari Dapur Umum Dinas Sosial Kabupaten Jombang mulai didistribusikan ke para korban banjir tahunan di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Selasa (05/01).

Pendisribusian nasi bungkus dan air mineral ini dilakukan oleh para relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jombang dibantu anggota TNI dari Koramil 0814/12 Kesamben, Jombang ke rumah-rumah warga korban banjir di daerah tersebut.

Sekretaris Tagana Jombang, Nur Fatoni mengungkapkan, pendistribusian makanan dan minuman ini dimulai pada Selasa pagi (05/01).

“Jumlahya sekitar 400-an (bungkus). Makanan sama air mineral sama ada peralatan mandi tadi di balai desa langsung ke warga,” ucap Nur Fatoni usai mendistribusikan makanan.

Selain ada bantuan makanan dari Dinas Sosial Kabupaten Jombang, kata dia, pada hari tersebut juga ada bantuan dari TNI dan Polri kepada para korban banjir.

“(Direncanakan) paling sampai besok. Sambil tetap menunggu bagaimana laporan dari warga,” ucap dia lagi.

Pantauan di lokasi, air sudah surut dibandingkan dengan kondisi banjir 1 hari sebelumnya. Namun, sebagian rumah warga masih terlihat tergenang air. Begitu pula dengan jalan raya yang terdapat di daerah tersebut.

Salah seorang korban banjir bernama Ngatinah (61) menuturkan, bantuan makanan mulai diterima pada hari tersebut.

“Air bersih ada di situ (tandon), tapi saya ‘nggak’ ngambil cuma beli galon. Kan kejauhan, ke sana,” tutur Ngatinah.

Terlihat, kondisi rumah Ngatinah masih tergenang air hingga ke dalam rumah akibat banjir ini.

Sementara, usai mendistribusikan bantuan makanan dan air mineral kepada para korban banjir, aktifitas memasak makanan di Dapur Umum Dinas Sosial Kabupaten Jombang yang berada di Kantor Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang terus berlanjut. Tampak pula petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang datang ke Desa Jombok dengan mobil tangki air bersih.(rif)

Tags: