Banyak Koper Jamaah Haji Kab.Lamongan yang Dibongkar

Kedatangan Jamaah Haji Lamongan di sambut dengan isak tangis kebahagiaaan dan para jamaah haji kemudian bersujud syukur di Masjid KBIH Darrul Muustaghitsin.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,Bhirawa.
Kedatangan Jamaah Haji Lamongan menyisahkan cerita sedih dan bahagia .Datang dan disambut dengan tangisan haru bahagia oleh keluarga dan sanak familynya yang telah meunggu berjam-jam di masing – masing KBIH yang ada di Kabupaten Lamongan Rabu (13/9) kemarin hingga pagi sekitar pukul 02.00 WIB.
Jamaah haji Kabupaten Lamongan pulang ke tanah air yang tercatat ada pada kloter 18,19 dan 20.
Namun, dikabarkan oleh pihak Kemenag Lamongan jika ada pembongkaran koper jamaah haji saat dibandara .Tetapi ,saat itu baru diketahui pada proses pengambilan koper jamaah yang sudah di verifikasi ketika di Asramah Haji Surabaya.
“sebelum perjalanan menuju ke KBIH masing – masing¬† para jamaah haji pulang ke tanah air terlebih dahulu di asramah haji suraabaya untuk melakukan pengecekan administratif dan pengambilan koper.Tetapi gak tau kenapa pas waktu pengecekan administratif koper diketahui baaanyak yang dibongkar,Tamparnya banyak yang putus”Kata Masduki PLT Kasi Haji Kemenag Lamongan kepada bhirawa, Kamis(14/9)
Masduki menjelaskan, sepertinya saat koper di bandara air zam Рzam yang ada di koper para jamaah haji banyak yang kena razia. Padahal pemerintah Saudi Arabia memberikan  jatah  5 liter yang di perbolehkan.
“Tahun 2017 ini begitu ketat, tetapi kemungkinan itu untuk memberikan efek jerah bagi jamaah haji dan kebetulan koper jamaah haji kloter 18 banyak yang di bongkar”Jelas Masduki.
Kendati terjadinya peristiwa pembongkaran koper ,hingga hari kedua setelah kedatagan haji pihak Kemenag Lamongan mengaku belum ada komplain soal isi kopper lebih lanjut ,hanya kebanyakan air zam – zamnya sebagian yang di ambil.
“Sampai saat ini belum ada yang komplain terkait isi barang di dalam koper selain air zam – zam dan untuk masing – masing koper para jamaah haji sudah beres semua tanpa kendala,” tambahnya.
Meurut Kasi Haji Kemenag Lamongan, total sebanyak delapan jamaah haji Lamongan yang meninggal dunia.
“Total ada delapan jamaah haji yang meninggal dunia. Dua diantaranya meninggal di rumah,satu di asramah haji dan yang lima lainnya di tanah suci”Tuturnya. [mb9]

Tags: