Basuki Hadimulyono: Bambu Laminasi, Alternatif Pengganti Kayu

Jakarta, Bhirawa.
Bambu Laminasi yang dikembangkan dari hasil penelitian Balitbang KemenPUPR, akan dikembangkan sebagai alternatif pengganti kayu. Bambu Laminasi adalah bambu yang di olah, sehingga bentuk dan ketahanan, bisa menyerupai kayu. Bisa digunakan sebagai alternatif bahan bangunan yang dapat di aplikasinya pada hampir seluruh komponen bangunan tradisional, kecuali penutup atap.
“Bambu sebagai potensi alam Indonesia, namun hingga sat ini belum dimanfaatkan maksimal. Padahal, bambu berpeluang besar untuk digunakan bagi peningkatan ekonomi rakyat. apalagi Indonesia memiliki hutan bambu terluka ke 6 di dunia. Sayangnya, peng gunanaan bambu sebagai pengganti kayu, ter kendala oleh bentuk dan ketahanan nya. Utamanya bila dipakai sebagai balok, kolom atau papan. Menjawab permasalahan ini, KemenPUPR melalui Balitbang, telah mengem bantuan teknologi Bambu Laminasi,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimulyono pada wartawan, akhir pekan.
Menurut Basuki, untuk bersaing dalam pasar global, produk hasil penelitian Balitbang PUPR, harus lebih murah, lebih berkualitas dan lebih cepat dalam mem-produksinya. Pengembangan Bambu Laminasi ini diharapkn mampu mengatasi kelengkapan pemenuhan kayu sebagai bahan bangunan. Terlebih lagi, bambu merupakan bahan bangunan yang ramah lingkungan. Karena, sekali ditanam, dapat dipanen berkali-kali, tanpa harus menghilangkan seluruh tegakan rumpunnya.
Bambu Laminasi, dibuat dengan cara membelah bambu menjadi lembaran tipis, lalu diawetkan dengan borac-boric atau boron. Hingga kandungan ya berubah dan tidak disukai tahap, lalu dikeringkan hingga tidak membusuk. Lembaran bambu tersebut kemudian direkat kan dengan lem Urea Formaldehyde untuk kebutuhan interior dan polymer isocyanate. Untuk kebutuhan eksterior dan di-press dengan mesin menjadi balok, papan, atau partisi beragam ukuran sesuai kebutuhan.
“Saat ini, bambu Laminasi telah di aplikasi kan sebagai struktur rumah tradisional di desa Penglihatan di Kabupaten Bangli-Bali. Di samping konstruksi bangunan, bambu Laminasi juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan, daun pintu, dinding tempel, paket lantai, meubel dan gazebo,” tutur Kabalitbang KemenPUPR. [Ira]

Tags: