Bawaslu Gresik Libatkan 20 Ormas dalam Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu dan perwakilan ormas.

Gresik, Bhirawa.
Sebanyak 20 organisasi dilibatkan dalam pelaksanaan pemilu 2024, oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik. Untuk memperkuat pengawasan dari unsur pemuda, mulai panwascam hingga pengawas desa melakukan pengawasan.

Koordinator Divisi Pencegahan, SDM dan Humas Bawaslu Gresik Habibur Rohman mengatakan. Bahwa sesuai dengan Peraturan Bawaslu RI 2/2023 tentang pengawasan partisipatif, dimana dalam proses pengawasan pelaksanaan pemilu 2024 harus melibatkan masyarakat.

“Nanti yang bergerak organisasi kepemudaan dan organisasi perempuan, juga akan melibatkan perguruan tinggi. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kerjasama, dengan masing-masing organisasi 50 orang. Total ada 1.000 aktivis, karena kami tidak mungkin melakukan pengawasan sendiri. Jumlah personil kami tidak banyak, perlu ada peran serta masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, juga melakukan pendidikan kader pengawas partisipatif. Yang berasal dari mahasiswa perguruan tinggi di Gresik, akan membantu personil mulai Panwascam hingga pengawas desa melakukan pengawasan. Tujuannya, agar pemilu 2024 bisa berjalan sesuai aturan.

Ditambahkan Habibur Rohman, bahwa partisipasi dari seluruh elemen masyarakat. Dalam pelaksanaan pemilu 2024, dapat berjalan langsung, umum, bebas rahasia (luber) dan jujur dan adil (jurdil). Di butuhkan pengawasan dari seluruh lapisan, untuk meminimalisasi adanya tindak kecurangan. [kim.dre]

Tags: