Bedah Dampak Dunia Pendidikan Saat Pandemi, STAI Taruna Surabaya Gelar Webinar Internasional

Surabaya, Bhirawa
Pandemi virus corona atau Covid-19 telah mengubah kebiasaan-kebiasaan masyarakat, tak terkecuali dunia pendidikan. Jika sebelumnya proses belajar mengajar dilakukan secara tatap muka, namun dengan adanya pandemi terpaksana dilakukan secara daring atau jarak jauh, sejak Maret 2020 hingga sekarang.

Perubahan kebiasaan ini mendapat sorotan dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Taruna Surabaya, dengan menyelenggarakan webinar internasional bertajuk ‘The Impact of Covid-19 Pandemic on The Global Education’.

“Webinar ini masih akan berlangsung beberapa hari lagi, yaitu 1 Nopember 2020. Namun kami sangat berharap webinar ini mendapatkan respon positif bagi banyak pihak,” ujar Ketua STAI Taruna Surabaya, Drs H Sumiadji Asy’ari.

Sementara itu, Ketua III STAI Taruna Surabaya, Dr Lia Istifhama yang merupakan aktivis sosial akan mengisi materi berbahasa Inggris terkait dampak Covid 19 terhadap pendidikan.

“Saya akan mengangkat fakta, bahwa pendidikan daring memang di luar ekspektasi kita dan para orang tua selama ini. Pendidikan yang seyogyanya berlangsung secara umum di sebuah lingkungan sekolah, menjadi pembentukan moral anak, terutama aspek sosial. Namun, pandemi menjadikan sekolah berlangsung secara daring atau online. Oleh sebab itu, yang terpenting adalah bagaimana kita melewati pola tersebut secara positif. Peran orang tua menjadi titik utama pembahasan saya nantinya,” katanya.

Adapun Webinar tersebut, rencananya melibatkan pembicara beberapa negara. Diantaranya Muhammad Hilmi dari Sri Lanka, Uwais Ghozali dari Nigeria, Arif Fadilah dari Maroko, Thahir al-Bukhari dari Pakistan, Abdul Hamid Husein Basri dari Mesir, dan Riyadz Ghazali dari India.

“Semua pembicara menggunakan bahasa asing, yaitu Arab dan Inggris. Sedangkan dari moderator, akan menyampikan kisi-kisi materi dengan bahasa Indonesia,” ujar salah seorang panitia yang juga akan menjadi keynote speaker dalam acara tersebut Dr Nasiri.

Webinar tersebut, terlaksana atas kerjasama beberapa pihak, termasuk media online dan cetak. Registrasi bisa menggunakan link http://bit.ly/pendaftaranpeserta1. [iib]

Tags: