Belum Diresmikan, Jalan Mustofa Kamal Pasa Longsor

Masyarakat dan pegawai Dinas PU Kabupaten Mojokerto memperbaiki jalan pasca longsor di kawasan Pacet, Selasa (20/1) kemarin.

Masyarakat dan pegawai Dinas PU Kabupaten Mojokerto memperbaiki jalan pasca longsor di kawasan Pacet, Selasa (20/1) kemarin.

Kab Mojokerto, Bhirawa
Musibah longsor terjadi di lokasi Jalan tembus ke tempat wisata air panas Pacet. Bencana longor terjadi di ruas jalan yang diberi  Jalan Mustofa Kamal Pasa, nama Bupati Mojokerto. Ruas jalan tersebut sebelumnya dijadwalkan bakal diresmikan, Rabu (21/1) pagi ini.
Pasca longsor yang terjadi Senin (20/1)  malam, Pemkab Mojokerto langung bergerak cepat, Hingga Selasa (20/1) pagi kemarin. ruas jalan yang longsor sepanjang 4,6 kilometer  tepatnya di Dusun Sembung Desa Claket.Kecamatan Pacet langsung diperbaiki. Di lokasi bencana terlihat  satu alat berat mulai bekerja membersihkan material longsoran.
Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto Santo Hariyadi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembersihan dan upaya pencengahan dibeberapa titik yang rawan longsor.
“Sampai saat ini upaya pembersihan material longsor berupa batu dan tanah liat masih dilakukan, dan upaya penanggulangan akan dilakukan pengeprasan tanah di beberapa titik tebing rawan,” katanya di lokasi longsor. Selasa (20/1) kemarin.
Selama sehari kemarin,  dikerahkan satu alat berat dan beberapa alat pemotong kayu untuk membersihkam material longsor, sementara ini ruas jalan tersebut ditutup bagi warga dari Claket yang akan ke padusan bisa melewati Jalan desa. Menurut Danu (36), warga Claket, tebing yang longsor berketinggian sekitar 10 meter dengan  lebar 15 meter. “Saat kejadian hujan lebat, dan lama,” kata Danu.
Jalan Mustofa kamal Pasa sebenarnya belum diresmikan. Pembangunan jalan yang menggunakan konstruksi beton sepanjang 4,6 kilometer tersebut telah menelan dana APBD sebesar Rp 14,134 miliar.
Pembangunan jalan yang dilakukan oleh PT Gorip Nanda Guna tersebut masih belum dilengkapi fasilitas umtuk jalan seperti marka jalan dan di dibeberapa titik belum ada lampu penerangan. [kar]

Tags: