Belum Divaksin, 994 Nakes Nganjuk Tunggu Giliran

Kegiatan vaksinasi covid 19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Kertosono. (ristika/bhirawa)

Nganjuk, Bhirawa
Vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Nganjuk sudah tuntas. Meski demikian, masih ada 994 tenaga kesehatan yang belum divaksin hingga Februari ini. Mereka merupakan nakes yang tidak terdata untuk ikut vaksinasi tahap pertama.

Kabupaten Nganjuk mendapat tiga ribu vaksin, kalaupun semua vaksin disuntikkan kepada nakes itu baru mencakup sekitar 75 persen saja. “Masih ada 994 nakes di Kabupaten Nganjuk yang belum divaksin. Mereka merupakan para nakes yang bertugas di puskesmas dan empat rumah sakit dan sejumlah fasilitas kesehatan lain di Kabupaten Nganjuk,” terang Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Pemkab Nganjuk, Suhartatik Kundariana.

Kapan ratusan nakes itu akan divaksin, itu Suhartatik Kundariana mengaku belum dapat memastikan waktunya. Dia berharap mereka bisa divaksin pada tahap kedua nanti. “Waktunya kapan saya masih belum tahu,” lanjut Suhartatik Kundariana.

Seperti halnya di Kecamatan Kertosono dari 259 nakes, hanya 211 nakes yang divaksinasi. Pasalnya, nakes yang tidak divaksin memiliki penyakit penyerta atau comorbid, sedang hamil dan menyusui serta ada yang kondisi kesehatannya tidak baik. “Dari hasil skrening, beberapa tenaga kesehatan ada yang memiliki penyakit penyerta, ada juga yang kondisi kesehatan mereka masih tidak stabil dan dalam kondisi hamil atau menyusui juga autoimun,” kata Kepala Puskesmas Kertosono, dr. Suyanto Cipto Admojo.[ris]

Tags: