Belum Sebulan Diresmikan, Museum Tubuh Terbakar

7-FOTO B 0118 Museum Tubuh (1)Kota Batu, Bhirawa
Belum genap sebulan di launching atau diresmikan, The Bagong Adventure museum tubuh terpaksa ditutup. Dalam minggu ini wisatawan di Batu yang hendak menikmati wahana wisata baru ini terpaksa harus mengurungkan niatnya. Karena museum tubuh ini harus menjalani pembenahan setelah mengalami kebakaran beberapa waktu lalu.
Manajer Operasional Museum Tubuh, Rina Sari menyatakan, dibutuhkan waktu 5-6 hari untuk membersihkan dan mengembalikan keindahan wahana baru itu. Hal ini harus mereka lakukan setelah salah satu tempat wisata andalan di Kota Batu terbakar pada Sabtu (17/1). “Saat ini kami masih membersihkan dulu dan memperbaiki bagian-bagian yang rusak. Kita upayakan pembenahan ini akan cepat selesai karena hanya bagian atas yang terbakar,” kata Rina saat dikonfirmasi, Minggu (18/1).
Manajemen The Bagong Adventure Museum Tubuh memastikan kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta-Rp 25 juta. Kendati begitu, kerugian tersebut bisa saja bertambah, mengingat ornamen dan hiasan yang ada di lantai 6 juga ludes terbakar. “Cuma bagian atas (kepala bagong) yang terbakar. Hal ini dikarenakan kesigapan karyawan dan PMK Kota Batu sehingga api bisa segera dipadamkan,” tambah Rina.
Tidak hanya melakukan pembersihan dan perbaikan, manajemen Museum Tubuh juga segera mengundang pakar psikologi untuk mengecek kondisi karyawan. Karena mereka menganggap menganggap para karyawan di dalam museum yang terbakar juga mengalami guncangan psikologis.
Diketahui, The Bagong Adventure museum tubuh Jatim Park 1 mengalami kebakaran pada Sabtu (17/1) sekitar pukul 14.30 WIB. Ada dugaan kebakaran tersebut terjadi akibat percikan las pekerja yang sedang melakukan perbaikan.
Saat itu, beberapa pekerja sedang menyelesaikan sebagian dari museum tubuh. Namun, disela-sela pengerjaan itu muncul percikan api di bagian atas (kepala the bagong). Api tersebut yang terus membesar membuat pekerja langsung beteriak, sekaligus berupaya melakukan pemadaman dengan segala upaya.
Setelah 15 menit, api berhasil dipadamkan setelah karyawan mendapatkan bantuan petugas PMK. Saat kejadian, terdapat 30 orang dalam museum. Adapun 10 orang di antaranya adalah karyawan dan 20 lainnya merupakan pengunjung. Para karyawan tersebut segera melakukan evakuasi kepada para pengunjung ke tempat yang aman. [nas]

Keterangan Foto: Suasana saat museum tubuh The Bagong Adventure mengalami kebakaran pada Sabtu (17/1).

Tags: