Berharap FKDM Ciptakan Suasana Kondusif Pasca Pileg 2014

Drs. H Rijanto [hartono/bhirawa]

Drs. H Rijanto [hartono/bhirawa]

(Program Kerja Bakesbangpol Kabupaten Blitar)
Kabupaten Blitar, Bhirawa
Pasca pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatig (Pileg) pada tanggal 9 April lalu, melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Blitar, Pemerintah Kabupaten Blitar berharap kondisi wilayah di Kabupaten Blitar bisa selalu aman dan kondusif.
Wakil Bupati Blitar, Drs. H Rijanto berharap Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Blitar ikut menciptakan suasana kondusif pasca pelaksanaan Pileg 2014.
“Melalui FKDM ini nantinya bisa ikut menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Blitar agar tetap aman, tenang dan nyaman,” kata Drs. H Rijanto. Bahkan melalui Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Blitar ini juga dalam rangka penyelenggaraan Otonomi Daerah. Pemkab Blitar lanjut Rijanto, mempunyai kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan, kedamaian Nasional, serta keutuhan Negara Republik Indonesia.
“Seluruh komponen masyarakat perlu melakukan¬† upaya-upaya kewaspadaan dini, salah satunya melalui FKDM,” ujarnya.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar, Drs. Mujianto menambahkan untuk tingkat kewaspadaan sudah ditingkatkan sejak tahun 2013 lalu. Dengan adanya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur hingga Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) menjelang akhir tahun 2013 yang dilaksanakan secara serentak termasuk pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) pada 9 April 2014 kemarin biasanya akan berdampak pada pergesekan di dalam masyarakat.
“Sehingga sangat perlu dilakukan antisipasi serta upaya pencegahan, dimana salah satunya juga melalui para tokoh masyarakat untuk kita ajak rembug bareng,” terang Drs. Mujianto.
Disisi lain pada pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Blitar ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah maka perlu dibentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).
“Melalui FKDM ini di harapkan dapat terwujudnya situasi yang kondusif di Kabupaten Blitar, meningkatkan kerukunan antar umat beragama, dan turut membantu melaksanakan Peraturan Daerah demi terwujudnya Kabupaten Blitar yang aman, tentram dan sejahtera,” jelasnya.
Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Blitar, KH M Djaiz , berharap kepengurusan FKDM pasca Pileg 2014 ini membantu kondusifitas Kabupaten Blitar. Bahkan untuk membantu kewaspadaan dini sampai tingkat Kecamatan atau Desa/Kelurahan, melalui FKDM di tingkat Kecamatan dan Desa yang ada di 22 Kecamatan berjumlah 154 orang mampu mengatasi persoalan kemasyarakatan.
“Di masing-masing Kecamatan dan Desa terdapat Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Adat setempat yang menjadi bagian dari FKDM, sehingga diharapkan mampu membantu persoalan lokal,” kata KH M Djaiz.¬† [htn*]

Tags: