Bersama Guru dan Kasek Prestasi Pada Kegiatan PGRI Situbondo

Wabup Situbondo, Yoyok Mulyadi bersama Plt Ketua PGRI Harnoto dan jajaran pengurus struktural PGRI saat acara istigosah dan penyerahan hibah Kamis (23/1). [sawawi]

Adakan Lomba Karya Literasi Guru Kreatif dan Lomba Guru Inspiratif
Situbondo, Bhirawa
Kamis kemarin (23/1) puluhan guru dan Kasek berprestasi se-Kabupaten Situbondo berkumpul di auditorium gedung PGRI Situbondo di Jl Baluran, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Mereka mendapatkan penghargaan dari berbagai bidang perlombaan yang digelar PGRI dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 26.
Menurut Ketua PGRI Kabupaten Situbondo, Harnoto SPd MPd Plt, para guru dan Kasek berprestasi itu sebelumnya ikut festival karya literasi guru kreatif, lomba inovasi kudapan berbahan singkong/ubi jalar. Kegiatan yang dihadiri Wabup Yoyok Mulyadi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispendikbud) Kabupaten Situbondo, Achmad Junaidi itu, juga menyerahkan penghargaan untuk guru inspirasi, guru kreatif/motivator dan PGRI Cabang tergiat. ”Itu sebagian perlombaan yang kami selenggarakan,” tutur Harnoto.
Masih, kata Harnoto, untuk juara I lomba puisi katagori inovasi pembelajaran diraih Ika Istifarini asal SDN 3 Sopet Jangkar; juara II diraih Didit Purnawan Afandi asal SDN 1 Jatibanteng dan juara III diraih Tia Suciana asal SDN 2 Baderan Sumbermalang. Sementara itu, lanjut Harnoto, untuk lomba puisi katagori budaya dan lingkungan juara I diraih Fauzi asal SDN 1 Bugeman Kendit, juara II diraih Arisa Nur Aini Muslih asal SDN 2 Tribungan Mlandingan dan juara III diraih Hesti Indah Amelia asal SDN 1 Talkandang Situbondo.
Sementara itu, Sahadi, salah satu panitia lomba menambahkan, khusus lomba Cerpen anak katagori inovasi pembelajaran dan karakter juara I diraih Yuni Susanti asal SDN 3 Sletreng Kapongan, juara II diraih Ummul Kamilah asal SDN 2 Talkandang dan juara III diraih Latifah asal SDN 2 Campoan Mlandingan. Disisi lain, imbuh Sahadi, untuk lomba cerpen anak katagori inovasi pembelajaran dan budaya juara harapan pertama diraih Nani Hapsari asal SDN 3 Plalangan Jangkar, juara II diraih M Ihsan Mabruri asal SDN 1 Bugeman Kendit dan juara harapan III diraih Hesti Indah Amelia asal SDN 1 Bugeman Kendit.
Sahadi juga menjelaskan, khusus untuk guru kreatif dan motivator terbaik ada 12 orang. Diantaranya, Noval Abdillah asal SDN 3 Plalangan; Amelia Dwi Puji asal SMPN 2 Kendit; Puspitaningrum asal SDN 1 Tamansari Sumbermalang; Samsul Farit asal SMPN 4 Situbondo; Sahadi Wakil Sekretaris PGRI Kab Situbondo serta Suhartono Ketua PGRI Sumbermalang. Sisanya, lanjut Sahadi, ada Mistari Ketua PGRI Mlandingan; Haidanto Ketua PGRI Kendit; Abdus Samad Ketua PGRI Kota; Suryadi Ketua PGRI Kapongan; Junaidi Ketua PGRI Jatibanteng dan Huddin Ketua PGRI Banyuputih. ”Khusus PGRI Banyuputih menjuarai lomba PGRI Cabang tergiat,” pungkas Sahadi.


Wabup Minta PGRI Ikut Memajukan Kualitas Pendidikan

Dalam acara PGRI Situbondo kemarin orang kedua di lingkungan Pemkab Situbondo, Yoyok Mulyadi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Achmad Djunaedi, memberikan apresiasi dengan menyerahkan bantuan hibah barang dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk PGRI Situbondo. Ketua dan seluruh Pengurus PGRI se-Kabupaten Situbondo kompak hadir semua.
Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi mengatakan, sumber keberhasilan adalah dimana semua Pengurus PGRI telah melakukan kebaikan untuk masyarakat dan dunia pendidikan. Buktinya, dengan berdiri Gedung PGRI yang megah karena dibangun melalui kebaikan Pengurus PGRI dengan menyisihkan uangnya untuk pembangunan gedung PGRI Situbondo ini.
“Melihat ini Pemerintah Kabupaten Situbondo tidak akan tinggal diam untuk membantu pembangunan gedung PGRI yang sekarang sudah berdiri kokoh,” ujar mantan Kadis PUPR Kabupaten Situbondo itu.
Wabup Yoyok berpesan, agar bantuan hibah barang dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur harus dirawat dengan baik. Bantuan hibah aneka barang itu diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan kinerja PGRI menjadi optimal.
“Karena rata-rata Pengurus PGRI Situbondo itu berprofesi sebagai guru, maka saya harap sungguh – sungguh memajukan dunia pendidikan,” pungkas Wabup Yoyok.
Sementara itu, Sekretaris PGRI Kabupaten Situbondo, Bambang Hariyanto menyebutkan sejumlah bantuan hibah dari Pemprov Jatim. Diantaranya, ada 32 buah springbad, 32 buah sprai, 16 buah bantal, 16 bantal guling, tujuh buah lemari kamar, meja dan kursi kamar delapan buah, kursi sofa satu buah, meja pertemuan sebanyak 60 buah, kursi pertemuan sebanyak 250 buah, air conditioner (AC) sebanyak 20 buah, TV kamar sebanyak 16 buah, satu pesawat TV ruang Lobi. AC Blower Besar delapan buah, sound sistem kecil empat buah, LCD Proyektor empat buah dan karper satu gulung. [awi]

Tags: