Bersama Jurnalis Deklarasi Pemberitaan Ramah Anak

Wabup Yoyok Mulyadi didampingi Kadis PPPA Imam Hidayat saat menandatangani deklarasi pemberitaan ramah anak di ruang Baluran, Kamis (20/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna untuk mewujudkan pemberitaan ramah anak di Kota Situbondo yang sudah menjadi KLA (Kabupaten Layak Anak), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo mengadakan deklarasi bersama, Kamis (20/2).
Hadir dalam deklarasi tersebut, Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi bersama Kadis PPPA Kabupaten Situbondo Imam Hidayat dan seluruh jajaran terkait.
Menurut Kadis PPPA Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat, para jurnalis bersama Pemkab Situbondo melalui DPPPA saling berkomitmen untuk menjaga hak-hak anak dalam setiap pemberitaan.
Komitmen dan kesepakatan ini dibuktikan, ucap Imam Hidayat, di dalam penandatanganan deklarasi bersama “Jurnalis Situbondo Ramah Anak”.
“Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi sangat mendukung program yang digagas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Situbondo. Buktinya Wabup siap menandatangani deklarasi,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Situbondo itu.
Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, menjelaskan, program deklarasi bersama jurnalis dalam pemberitaan ramah anak ini sangat bagus jika didukung berupa kemitraan bersama semua pers.
Namun demikian, pinta Wabup Yoyok, gagasan yang dirintis DPPPA Kabupaten Situbondo harus diikuti dengan komitmen bersama sehingga berjalan dengan baik.
“Kalau dalam pelaksanaannya nanti DPPPA tidak berkomitmen, silahkan adukan kepada saya. Karena saya selaku Wakil Pemkab Situbondo punya tanggungjawab,” kupas mantan Kadis PUPR Kabupaten Situbondo itu.
Wabup Yoyok menambahkan, deklarasi pemberitaan ramah anak ini tidak hanya bersifat seremonial belaka. Artinya, kupas Wabup Yoyok, dengan adanya deklarasi ini harus tercipta komitmen yang harus dipenuhi, dijaga dan dipelihara
. “Berarti ada kepercayaan dari hati ke hati yang harus dijaga. Orang yang berkomitmen akan selalu menjaga kepercayaan. Dan kepercayaan itu jangan sampai diciderai, sehingga orang menjadi tidak percaya lagi,” pinta Wabup Yoyok.
Berita tentang anak, tandas Wabup Yoyok, diharapkan bisa memberikan perlindungan dan menghasilkan berita yang positif, karena menyangkut perilaku dan moral individu.
Apalagi, urai Wabup Yoyok, Kabupaten Situbondo saat ini sudah berhasil menyandang predikat Kabupaten Layak Anak sehingga diharapkan semua pemberitaan anak yang ditulis oleh jurnalis harus sesuai dengan kode etik jurnalistik.
“Tahun lalu kita mendapatkan prestasi KLA tingkat pratama. Diharapkan tahun ini menjadi KLA tingkat Nindya. Dengan deklarasi bersama jurnalis semoga harapan itu terwujud,” pungkas Wabup Yoyok. [awi]

Tags: