Bersama TNI Polri, Pemkot Malang Tanam Rumput Vetiver Atasi Longsor

Apel persiapan penanaman rumput vetiver untuk menanggulangi tanah longsor.

Kota Malang, Bhirawa
Upaya melakukan bencana sedini mungkin terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. Salah satunya dengan menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa waktu lalu terkait penanggulangan bencana khususnya hidrometereologi, Wakil Walikota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko; Kapolresta Malang Kota, Kombes Leonardus Simarmata; dan Komandan Kodim 0833 Kota Malang, Tommy Anderson menggerakkan berbagai komponen masyarakat untuk berperan aktif mensukseskan program penanaman rumput vetiver.
Penanaman rumput vetiver itu dilakukan Kelurahan Pisang Candi, Senin 24/2 kemarin, yang diawali dengan Apel Kesiapan Penanaman Budidaya Rumput Vetiver.
Kegiatan yang diinisiasi oleh Kodim 0833 Kota Malang tersebut didukung penuh oleh Pemkot Malang. Wawali Sofyan Edi hadir dan bertindak sebagai pimpinan apel.
Dalam arahannya, Wawali Sofyan Edi menegaskan agar kegiatan ini dapat terus berlangsung secara konsisten dan dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kota Malang.
“Utamanya di Daerah Aliran Sungai serta lokasi-lokasi yang dinilai rawan longsor” tambahnya.
Ia juga menjelaskan bahwa rumput vetiver ini memiliki akar yang menyebar dan memiliki kekuatan untuk dapat mempertahankan lapisan tanah atas; sehingga dapat mengatasi kelongsoran tanah sekaligus juga untuk menyehatkan kembali kondisi struktur tanah dan bisa mengembalikan kualitas daripada air tanah.
“Kedepan saya berharap agar rumput vetiver juga dapat kita tanam di wilayah Supiturang; agar dapat menghindari longsor; lahannya sudah ada tinggal kita persiapkan bibitnya” ujar Wawali yang akrab disapa Bung Edi itu.
Terlebih di TPA Supiturang, lanjutnya, terdapat limbah air lindi yang sulit di urai; sedangkan akar rumput vetiver mampu memfilter air lindi tersebut.
“Mesti di tata dulu, pematangan lahan, harus ada pengurukan tanah, kemudian proses pembibitan, daripada rumput itu; semoga dalam waktu pendek kita mempersiapkan itu semua sehingga kita bisa tanam di sini” tuturnya.
Pada kesempatan tersebut, selain meninjau TPA Supiturang, Bung Edi juga menyempatkan untuk meninjau lahan longsor di wilayah RW 9 Kelurahan Mulyorejo milik Bapak Suharto. Bung Edi akan terus berkomitmen untuk mensukseskan gerakan tanam rumput vetiver ini agar dapat mencegah terjadinya tanah longsor.(mut).

Tags: