Berstatus Zona Merah, Resiko Sebaran Virus Corona di Situbondo Tinggi

Jubir Satgas Covid-19 merangkap Kadiskominfosan Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro ikut menjalani tes swab di lantai II Pemkab Situbondo. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Kabupaten Situbondo ditetapkan kembali sebagai daerah zona merah penyebaran Covid-19 oleh Provinsi Jawa Timur. Penetapan ini terjadi setelah ada lonjakan pasien positif Covid-19 maupun pasien meninggal dunia dalam beberapa hari ini.

Meski sudah masuk zona merah yang notabene memiliki risiko tinggi penyebaran virus Corona, tidak ada satu pun fasilitas umum di Kabupaten Situbondo yang di lockdown.

Informasi Bhirawa menyebutkan, selain Kabupaten Situbondo yang masuk katagori zona merah dalam resiko tinggi sebaran virus corona, juga ada tiga Kabupaten lain berstatus sama.

Diantaranya, Jombang, Jember dan Kota Batu. Hingga saat ini, untuk mencegah sebaran virus mematikan itu agar tidak semakin meluas, Satgas Covid Kabupaten Situbondo melakukan 3-T (Testing, Tracing dan Treatmen) serta melakukan operasi yustisi.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro mengatakan, sejak pertengahan November 2020 lalu penyebaran Covid di Situbondo sudah mulai turun sehingga Situbondo masuk zona oranye atau risiko sedang.

Namun, urai Dadang, status zona oranye ini tidak berlangsung lama karena sejak awal bulan Desember ini Situbondo kembali berstatus zona merah.

“Ini karena terjadi lonjakan pasien yang jumlahnya cukup tinggi,” jelas Dadang.

Untuk itu, Dadang mengimbau agar masyarakat Kabupaten Situbondo selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena Situbondo berstatus zona merah.

Kata Dadang, hanya dengan cara disiplin masyarakat yang tinggi akan dapat mencegah penularan virus Corona tidak semakin bertambah. “Mari kita bersama sama disiplin memakai masker, menjaga jarak selalu mencuci tangan,” ajak pria yang kini menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Situbondo itu.

Saat ini, terang dia, jumlah total pasien Covid di Kabupaten Situbondo sudah mencapai 1.098 orang. Ada enam Kecamatan di Situbondo yang masuk dalam katagori zona merah, diantaranya Kecamatan Kota Situbondo, Panji, Kapongan, Asembagus, Panarukan dan Besuki. Hingga kemarin ada tambahan tujuh pasien baru yang terkonfirmasi positif.

“Total pasien yang sudah meninggal sebanyak 92 orang dan pasien sembuh sebanyak 894 orang. Selain itu ada 112 pasien dalam perawatan medis. Sebanyak 60 pasien menjalani isolasi mandiri, 15 pasien isolasi di gedung observasi dan 37 pasien di rawat di rumah sakit,” pungkasnya. [awi]

Tags: