Bertambah Empat Warga Kabupaten Situbondo Positif Covid-19

Dadang Aries Bintoro. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Situbondo kembali memperbaharui data perkembangan sebaran Covid-19, Sabtu (13/6). Melalui Juru Bicara TGPPC-19 Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro, sampai kemarin hasil pemeriksaan laboratorium terhadap empat orang di Situbondo, menyatakan positif virus corona.
Dengan adanya tambahan empat orang tersebut, saat ini total keseluruhan penyandang virus corona di Kabupaten Situbondo sebanyak 77 orang.

Menurut Dadang Aries Bintoro, keempat orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu diantaranya pertama, Ny M jenis kelamin perempuan, beralamat di Desa Talkandang, Kecamatan Kota Situbondo. Kedua, Ny MA (4) warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji Situbondo.

“Warga yang pertama itu sudah meninggal dunia setelah sebelumnya berstatus PDP. Dia dinyatakan positif corona setelah hasil pemeriksaannya keluar dari BBTKLPP Surabaya, Jumat (12/6) kemarin,” terang pria yang kini menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Situbondo itu.

Masih kata Dadang, untuk pasien ketiga dan keempat yang positif corona tercatat sebagai karyawan tenaga kesehatan yang bertugas di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Situbondo. Mereka adalah, ujar Dadang, FF, laki laki (29) asal Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji dan CA, perempuan (25) asal Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Situbondo.

“Keduanya kini masih menjalani perawatan di RS Elizabet Situbondo. Kabar ini didapatkan setelah TGPPC-19 Kabupaten Situbondo menerima hasil pemeriksaan dari RS Lavalette Malang,” beber Dadang.

Dadang kembali menegaskan, TGPPC Kabupaten Situbondo menilai adanya tambahan empat orang baru tersebut harus segera dilakukan tracing secara berkelanjutan. Misalnya saja, sebut Dadang Aries Bintoro, petugas kesehatan, Satgas Desa dan Satgas Kecamatan secara intens melakukan contact tracing atau pemetaan dan pemeriksaan kesehatan terhadap semua pihak yang pernah kontak erat dengan kasus empat confirm positif Covid-19 tersebut. “Ini agar penanganan kesehatan yang diberikan semakin cepat,” kupas Dadang.

Data Bhirawa menyebutkan, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai kemarin berjumlah 459 orang. Angka sebesar itu terdiri dari 49 orang masih dalam pemantauan (rawat inap 6 orang dan isolasi mandiri sebanyak 43 orang) serta 407 orang selesai pemantauan. Sementara itu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 51 orang dengan perincian 7 orang masih dalam pengawasan daan 4 orang meninggal dunia seta 40 orang selesai pengawasan. Terakhir jumlah positif Covid-19 sebanyak 77 orang, dengan perincian, 59 orang masih dalam perawatan, 11 orang selesai pengawasan dan meninggal dunia sebanyak 7 orang. [awi]

Tags: