Bhayangkari Cabang Kabupaten Situbondo Gelar Pelayanan Posyandu

Ketua Bhayangkari Polres Situbondo Roza Sugandi saat memberikan pelayanan posyandu bagi balita dan anak-anak Selasa (11/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna untuk ikut serta menciptakan generasi emas dan sehat, Bhayangkari Cabang Kabupaten Situbondo menggelar kegiatan pelayanan posyandu dengan tema ‘semangat kesehatan’ Selasa (11/2). Realisasi program sosial ini sebagai bukti dukungan Bhayangkari Polres Situbondo bagi suksesnya program pemerintah dalam mewujudkan generasi Indonesia yang sehat, termasuk generasi yang ada di wilayah Situbondo.
Ketua Bhayangkari Cabang Situbondo Roza Sugandi mengatakan, posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan oleh pemerintah bersama masyarakat.
Kegiatan ini, kata Roza Sugandi, sebagai sarana memberikan kemudahan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan sebagai kebutuhan dasar tiap warga negara. “Layanan ini dikhususkan bagi kalangan balita dan anak-anak yang berusia dini,” tegas Roza Sugandi.
Selain pelayanan kesehatan, lanjut Roza Sugandi, jajarannya juga berharap dapat membina Bhayangkari lain agar ikut peduli terhadap kesehatan serta pengembangan kader/petugas posyandu di Situbondo. Kegiatan ini terwujud, lanjutnya, berkat adanya kerjasama yang baik dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo dan Rumah Sakit dalam melakukan pemeriksaan rutin perkembangan anak. “Dalam kegiatan posyandu ini, kami memberikan Vitamin A, pemeriksaan ibu hamil (bumil), pemberian imuniasi dan pemantauan status gizi serta simulasi dini tumbuh kembang bayi dan balita,” beber Roza Sugandi.
Roza Sugandi menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan, dalam kegiatan posyandu, Bhayangkari Situbondo juga menyiapkan makanan sehat yang dikonsumsi oleh anak-anak serta diberi aneka permainan. Ini dilakukan, terang Roza Sugandi, untuk meningkatkan animo anak agar mau datang ke posyandu Bhayangkari Cabang Situbondo. “Kami berharap para ibu Bhayangkari bisa memahami pentingnya menjaga kesehatan anak. Caranya dengan aktif mengikuti kegiatan posyandu “ ungkap Roza Sugandi.
Dalam kegiatan posyandu Bhayangkari Cabang Situbondo kemarin diikuti puluhan anak TK Kemala Bhayangkari, warga sekitar Polres Situbondo serta sekolah TK lain yang ada disekitar Mapolres Situbondo.[awi]

Tags: