Bijak Sikapi Rapor Pendidikan

Platform “Rapor Pendidikan” (https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id) yang dirilis Kemdikbudristek pada 1 April 2022 lalu menjadi ‘cermin besar’ kualitas pendidikan Indonesia. Rapor Pendidikan tersebut berupa laporan hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 untuk jenjang SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat, dan SMA/SMK/MA/sederajat sejumlah 6,5 juta peserta didik.

Hasilnya kurang menggembirakan karena rerata capaian aspek kemampuan literasi dan kemampuan numerasi masih rendah untuk semua jenjang. Hal tersebut semakin menguatkan hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) terakhir Indonesia yang menempati ranking enam terbawah.

Hasil tersebut tentunya menjadi bahan refleksi bagaimana tata kelola pendidikan selama ini dan bagaimana upaya pembenahan semestinya. Semua elemen bangsa memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu kita perlu bijak menyikapinya. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan perlu diapresiasi dengan adanya ‘Kurikulum Merdeka’ dan berbagai program turunannya. Pemerintah (Kemdikbudristek dan juga Kemenag) seharusnya perlu memfasilitasi program pelatihan guru yang berkualitas secara merata.

Selanjutnya, guru sebagai garda terdepan harus memiliki semangat sebagai guru pembelajar; kreatif dan inovatif dalam pembelajaran; dan mengedepankan pendidikan yang humanis. Pembelajaran di sekolah/madrasah harus dibangun di atas fondasi kultur sekolah/madrasah yang positif; lingkungan & aktivitas belajar yang menyenangkan; dan pembelajaran yang membangun kecakapan abad-21 (creativity, critical thinking & problem solving, collaboration, dan communication) dengan penguatan literasi. Orangtua juga memiliki peran penting dalam membangun karakter anak.

Masyarakat dan lingkungan sosial juga harus mendukung terciptanya ekosistem belajar yang baik bagi anak. Harapannya, semua elemen bangsa ini sadar dan paham bahwa urusan pendidikan bukan semata-mata urusan satu pihak saja. Semoga. []

Erwin Prastyo
Guru MTs Darul Ishlah Sukorejo, Kabupaten Kendal.

Rate this article!
Tags: