Bina Mitra Karib, Dandim 0815/Mojokerto Rangkul Komponen Masyarakat

Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S Sos, MH membuka ‘Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0815/Mojokerto Semester I Tahun Anggaran 2022’ di Ruang Data Makodim, Rabu (25/05/2022).

Mojokerto, Bhirawa.
Dalam rangka mewujudkan pembinaan teritorial (Binter) TNI-AD yang adaptif guna optimalisasi secara fungsional peran Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), Kodim 0815/Mojokerto menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0815/Mojokerto Semester I Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan bertema ”Mewujudkan Binter TNI-AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Di WIlayah Guna Mengoptimalkan Deteksi Dini Dan Cegah Dini Temu Cepat Dan Lapor Cepat Bagi Apkowil”, dibuka Dandim 0815/Mojokerto Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., di Ruang Data Makodim 0815/Mojokerto, Jalan Majapahit Nomor 01, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (25/05/2022) pagi.

Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0815/Mojokerto Semester I Tahun Anggaran 2022 merupakan program kerja bidang Teritorial ini, melibatkan unsur komponen masyarakat diwilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto diantaranya tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa/Menwa, Aktivis/LSM/Ormas, pengusaha/wiraswasta, pedagang, dan anggota Pramuka binaan Kodim 0815/Mojokerto.

Saat membuka kegiatan, Letkol Inf Beni Asman, S.Sos., M.H., mengatakan, pembinaan jaring mitra karib merupakan salah satu wujud pembinaan teritorial dalam rangka pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI. Kegiatan ini juga sebagai upaya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta (Sishanta).

Masih lanjutnya, untuk TNI-AD pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan teritorial, dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk Pembinaan Mitra Karib Terpilih atau yang dikenal dengan Jaring Teritorial sebagai kepanjangan tangan Aparat Komando Kewilayahan.

”Hal ini dilakukan sebagai upaya mendapatkan berbagai informasi dan data yang akurat diwilayah ditengah keterbatasan personel dan materil serta kurangnya informasi diwilayah,” tegasnya.

Pembinaan Jaring teritorial ini, sambungnya, dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan dinamis serta terpeliharanya kondusifitas wilayah demi terlaksananya program pembangunan yang berkesinambungan di daerah. ”Dengan terwujudnya iklim yang kondusif maka roda pembangunan diharapkan dapat berjalan sesuai yang diprogramkan pemerintah”, pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan cukup ketat ini, juga dihadiri Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0815/Mojokerto Kapten Inf Herman Hidayat beserta Staf dan sejumlah undangan lainnya.(min.hel)

Tags: