Bisnis e-Commerce Diprediksi Meningkat Rp295 Triliun

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Surabaya, Bhirawa
Perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia semakin meningkat dalam lima tahun terakhir dan diprediksi pada tahun 2016 akan meningkat tiga kali lipat menjadi 25 miliar dolar AS atau setara Rp295 triliun.
“Perkembangan bisnis E-commerce di Indonesia melesat dalam lima tahun terakhir, dan di tahun 2016 diprediksi naik tiga kali lipat menjadi 25 miliar dolar AS hingga Rp295 triliun,” kata Presiden Direktur Paramount Land, Ervan Adi Nugroho, di Surabaya, Kamis (28/1).
Ia mengatakan hasil riset tersebut diprakarsai oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (Idea), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) yang memperlihatkan bahwa tahun 2013, nilai pasar E-commerce Indonesia mencapai 8 miliar dolar AS atau setara Rp94,5 triliun.
“Potensi ini dibarengi dengan jumlah pengguna internet mencapai 82 juta orang atau sekitar 30 persen dari total penduduk di Indonesia. Melihat dari data ini, dapat dipastikan bahwa potensi pasar E-commerce di Indonesia sangatlah besar,” ujarnya.
Kemajuan teknologi secara digital, lanjutnya, telah menguasai pasar e-commerce, tidak terkecuali pasar properti. Pemasaran secara daring lebih memudahkan konsumen karena jangkauan viral menjadi lebih dekat ke target market secara langsung.
Berdasarkan hasil survei calon pembeli properti, urutan pertama pertimbangan konsumen properti untuk mencari apa yang diinginkan adalah melalui situs properti, sehingga cara-cara konvensional akan tergerus dengan sistem pemasaran daring.
“Masyarakat saat ini lebih senang mencari segala sesuatu yang praktis melalui teknologi untuk menghemat waktu, proses lebih efisien karena tinggal membuka gadget atau dawai,”terangnya.
Di sisi lain, lanjutnya, dengan meningkatnya golongan kelas menengah, mereka tidak akan segan untuk menggunakan uang mereka membeli berbagai macam barang yang mereka inginkan, termasuk properti.
Managing Director Paramount Land, Andreas Nawawi, menambahkan pihaknya mempersiapkan sebuah pemasaran properti secara digital, untuk menjawab kebutuhan dan kemudahan dalam memasarkan dan membeli produk-produk properti maupun aksesorisnya.
“SuperPro.id bisa memberi kemudahan, kenyamanan dan keamanan dalam membeli berbagai properti yang diidamkan oleh konsumen, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka, tersedianya sistem yang mudah, cepat, aman dan terpercaya bagi berbagai pengusaha properti,” paparnya.
Selain itu, tambahnya keterlibatan penjual, pembeli, pemilik produk dan makelar yang besar terdapat sistem dengan teknologi terkini yang mudah digunakan dan lengkap, dimana setiap informasi dan presentasi berbagai produk.
“Setelah sukses meluncurkan SuperPro (Supermarket Properti), inovasi dalam distribusi penjualan, mempersiapkan sebuah inovasi sebagai pengembangan dari SuperPro, yaitu sebuah solusi pemasaran properti melalui platform digital secara daring terkini, SuperPro.id,” tandasnya. [ma,ant]

Tags: