BKPPP Gelar Workshop Dewan Ketahanan Pangan

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Kepala BKPPP Kabupaten Situbondo, Budi Priono, pada workshop Dewan Ketahanan Pangan, di gedung PKK.

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama Kepala BKPPP Kabupaten Situbondo, Budi Priono, pada workshop Dewan Ketahanan Pangan, di gedung PKK.

Situbondo, Bhirawa
Mengacu pada kebijakan pembangunan ketahanan pangan nasional yang dituangkan dalam rencana strategis kementerian Pangan 2010-2014, diarahkan untuk pencapaian program 4 sukses pertanian.
Bertitik tolah pada kenyataan tersebut, maka Pokja Ahli dan Pokja Tehnis Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Situbondo dapat menangkap berbagai permasalahan dengan ketahanan pangan di Kota Santri. Selanjutnya, mencarikan solusi strategis yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kondisi derah dan kebutuhan masyarakat Situbondo.
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Situbondo, Budi Priono mengatakan, guna menemukan titik temu dan akar permasalahan yang ada, lembaga yang ia pimpin menggelar workshop Dewan Ketahanan Pangan. “Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan daftar pelaksanaan anggaran (DPA), dengan koordinasi Dewan Ketahanan Pangan tahun 2014 (APBD Kabupaten), pada Bidang Ketahanan Pangan,” terang Budi Priono.
Mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Situbondo itu menambahkan, workshop Dewan Ketahanan Pangan terdiri dari beberapa unsur, diantaranya, Dewan Ketahanan Pangan, Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan, Tim Pokja dan Tim Tehnis Dewan Ketahanan Pangan, para Camat se-Kabupaten Situbondo, koordinator Balai Pelaksana Penyuluhan (BPP) se-Kabupaten Situbondo. “Kegiatan workshop ini dipimpin langsung Bupati Dadang selaku Ketua DKP Kabupaten Situbondo,” tegas Budi Priono.
Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan pada BKPPP Kabupaten Situbondo, Saiful Kodri, memaparkan, pada kegiatan workshop tersebut, pihaknya mendatangkan narasumber Prof DR. Ir. Nuhfil Hanani MS (Pokja Ahli DKP Provinsi Jatim); ir Darminto (anggota DKP Provinsi Jawa Timur) serta Ketua Dewan Riset Kabupaten Situbondo, Mashudi. Kami berharap dengan kegiatan ini percepatan swasembada lima komoditas strategis 2015 cepat tercapai,” uangkap Saiful.
Peserta didalam kegiatan ini, sambung Saiful, diantaranya Tim pokja ahli, Bapekab, BKPPP, Dinas Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan. “Ini kita mencari data dan program kerja, nanti dirumuskan kebijakan operasional DKP. Kita awalnya mencari rumusan, yang nantinya menjadi pegangan. Ini setiap tahun kita laksanakan dan kali ini lebih serius, terbukti bisa menghasilkan rumusan yang melebihi target,” pungkas Saiful. [awi]

Tags: