Blibli.com Dorong Pasar Ritel Jatim dengan Perkuat Ekosistem E-Commerce

Surabaya, Bhirawa
Mendorong perkembangan pasar ritel Jawa Timur, Blibli.com, mal online terdepan di Indonesia akan terus membangun ekosistem e-commerce, termasuk jaringan gudang.
Executive Vice President (EVP) of Operations and Product Management Blibli.com, Lisa Widodo mengungkapkan Jawa Timur adalah pasar yang vital bagi Blibli.com, di mana Surabaya adalah pasar kedua terbesar bagi bisnis Blibli.com.
“Blibli.com mengalami pertumbuhan bisnis yang sangat positif. Nilai gross merchandise value (GMV) Jawa Timur tumbuh 110% pada tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya, ditopang oleh kenaikan jumlah merchant, atau penjual, sebanyak 80 persen,” terangnya, Kamis (13/2).
Lisa menambahkan Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur tetap menjadi penggerak utama Jawa Timur. “Para pelanggan di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan semakin aktif berbelanja di Blibli.com. Tiga produk terpopuler di antara para pelanggan disana adalah minyak goreng, makanan instan, dan smartphone Android.”
Sementara pertumbuhan ekonomi regional Jawa Timur, yaitu sebesar 5,52 persen di 2019, menciptakan iklim kondusif bagi ritel e-commerce. Ini didukung oleh konsumsi pasar yang kuat oleh masyarakat Jawa Timur, seperti yang tercermin di Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Jawa Timur yang diperkirakan mencapai 108,29 di triwulan IV-2019.
Untuk menunjang kenaikan permintaan dari para pelanggan dan suplai produk dari para penjual, Blibli.com menyediakan infrastruktur kunci untuk menjamin kelancaran pengoperasian e-commerce.
Saat ini, Blibli.com memiliki gudang di Sidoarjo seluas 26.500 meter persegi yang digunakan untuk pemenuhan pemesanan. Gudang ini didukung oleh dua hub lainnya di Sidoarjo dan Sukomanunggal.
“Memiliki gudang sendiri memungkinkan Blibli.com untuk menghadirkan manfaat e-commerce baik bagi para pelanggan dan penjual. Pengiriman pesanan ke para pelanggan semakin cepat karena gudang kami dekat dengan pusat populasi,” jelas Lisa.
Selain itu hadirnya gudang bermanfaat bagi para penjual karena mereka bisa menaruh produk-produk mereka di gudang Blibli.com, dengan demikian mengurangi biaya untuk mengelola gudang sendiri. Selain itu, Blibli.com juga membantu para penjual dengan layanan pengemasan dan pengiriman barang untuk semua produk yang dititipkan di gudang Blibli.com.
“Ke depannya, Blibli.com akan terus memperkuat kehadirannya di Jawa Timur agar semakin kuat dalam menghadirkan pengalaman ritel yang menyeluruh bagi para penjual dan pelanggan,” tutup Lisa.
Blibli.com memiliki strategi bisnis ‘Customer Satisfaction First’ yang menjamin kepuasan pelanggan melalui gratis ongkos kirim, 100 persen orisinal, 15-hari retur, pengiriman cepat, pembayaran aman dan layanan konsumen 24/7.,” pungkas Lisa. [riq]

Tags: