BNNK Surabaya Sasar P4GN Menuju Kampung Bersinar

Kepala BNNK Surabaya, AKBP Kartono (tengah) menunjukkan stiker Award Surabaya Bersinar 2020 menuju Surabaya bersih dari narkoba, Selasa (7,1). [abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya terus menggalakkan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kali ini BNNK Surabaya mengadakan perlombaan bagi kampung-kampung di 31 Kecamatan di Surabaya yang turut menciptakan Surabaya Bersinar (Bersih Narkoba).
“Kami mengadakan Award Surabaya Bersinar (ASB) guna mendukung program P4GN dan menciptakan Surabaya yang bersih dari peredaran gelap narkoba,” kata Kepala BNNK Surabaya, AKBP Kartono, Selasa (7/1).
Sebab, menurutnya Surabaya masuk dalam kondisi darurat peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. ASB ini, sambung Kartono, diikuti oleh 31 Kecamatan se Kota Surabaya. Dan melibatkan Forkopimda dan Muspika terkait, diantaranya Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polsek, Koramil se Surabaya. Serta unsur masyarakat Kota Surabaya.
Sosialisasi ASB, sambung Kartono, sudah dilakukan sejak 11 November sampai 30 November 2019. Sedangkan untuk Roadshow maupun penilaian ASB dilakukan mulai 5 Januari sampai 17 Februari 2020. “Penyerahan pengharagaan pemenag ASB diumumkan pada 28 Juni 2020, bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional,” jelasnya.
Masih kata Kartono, adapun penilaian lomba ini dibagi menjadi dua sektor. Pertama adalah sektor dokumen kegiatan P4GN yang meliputi adanya regulasi kegiatan P4GN di lingkungan Kelurahan, terbentuknya relawan atau kader anti narkoba tingkat Kelurahan dan sosialisasi P4GN dilingkungan RT/RW maupun di Kelurahan dan Kecamatan.
Kedua, lanjut Kartono, dilihat dari sektor inovasi berupa pemasangan spanduk “Suroboyo Wani Lawan Narkoba” di tempat-tempat strategis. Kemudian pemasangan stiker ASB 2020 di setiap rumah, shelter maupun pos penggiat anti narkoba dan adanya yel-yel Suroboyo Wani Lawan Narkoba.
Nantinya, Kartono mengaku, se Kecamatan Kota Surabaya diambil 12 juara ASB, dengan klasifikasi juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 mendapatkan thropy dan piagam penghargaan. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan kampung-kampung di Kota Surabaya bersih dan terbebas dari peredaran gelap narkoba dan penyalahgunaan narkoba.
“Harapannya dari kegiatan ini, masyarakat terhindar dari kejahatan narkotika. Dan juga memberi edukasi kepada masyarakat agar paham bahwa narkotika itu membahayakan bagi kesehatan diri sendiri, dan juga bagi keluarga serta lingkungan,” pungkasnya.[bed]

Tags: