BPBD Bojonegoro Siapkan Lima Truk Tangki Air Bersih

Bojonegoro, Bhirawa
Menghadapi terjadinya bencana kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Pemkab Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan lima truk tangki air bersih. “Tangki-tangki itu akan ditempatkan diwilayah yang dianggap rawan terjadi krisis air bersih,” ungkapĀ  Sekretaris BPBD Bojonegoro, Budi Mulyono, Kamis (22/5).
Dia menjelaskan, selain menyiapkan truk tangki, Pemkab juga telah membangun embung dan geomembran untuk mengatasi kekeringan. “Karena itu, dengan adanya persiapan ini, kami berharap kebutuhan air bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” jelasnya.
Menurutnya, kesulitan memperoleh air menjadi persoalan utama yang sulit dilakukan saat musim kemarau. Saat ini pihaknya tengah mendata beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro yang rawan terjadinya kekeringan. “Di sisi lain, masyarakat juga bisa melakukan pengajuan kepada kami jika tempat tinggalnya memang membutuhkan pasokan air,” ujarnya.
Berdasarkan data yang dimiliki BPBD, di wilyah Bojonegoro ada 59 desa di 15 kecamatan yang rawan terjadi bencana kekeringan. Sehingga, pihaknya meminta masyarakat untuk lebih waspada. Distribusi air bersih akan melibatkan tiga posko BPBD di Kecamatan Baureno, Temayang dan Padangan. [bas]

Tags: