BPBD Jatim Turut Tim Gabungan Screening Kedatangan PMI

Kalaksa BPBD Jatim, Budi Santosa ikut menyambuy kedatangan PMI dari Malaysian pada Sabtu (22/1).

BPBD Jatim, Bhirawa
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mempersiapkan matang-matang kedatangan PMI (Pekerja Migran Indonesia). Terlihat dari proses screening kedatangan PMI dari Malaysia di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (22/1).

Tim Gabungan Pemprov Jatim bersama BPBD Jatim dan TNI-Polri menyambut kedatangan PMI. Sebanyak 129 orang PMI yang datang dengan menggunakan pesawat Malaysia Airline ini langsung dilakukan proses screening. Tujuannya guna mencegah penyebaran Covid-19, khususnya varian omicron.

“Tim gabungan langsung melakukan screening kesehatan pada semua pekerja migran Indonesia yang datang di Bandara Juanda. Yakni dengan melakukan tes PCR onsite,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Budi Santosa.

Dijelaskannya, para PMI yang sudah menjalani PCR akan terus mendapat pendampingan. Apabila ada PMI yang teridentifikasi positif, maka yang bersangkutan menjalani proses karantina dan pengobatan di RSUD dr Soetomo. Serta menjalani tahapan-tahapan sesuai dengan penanganan dari Satgas maupun Tim gabungan.

“Sedangkan PMI yang negatif akan menjalani proses karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap semua PMI yang sudah melakukan proses screening dan karantina, bisa kembali ke keluarga masing-masing. Serta bagi Tim gabungan maupun anggota Satgas terus diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas menangani para PMI.

“Semoga segenap warga Jawa Timur selalu diberi perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala. Serta dijauhkan dari penyebaran varian baru Covid-19,” pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam penanganan kedatangan PMI, yakni Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta; Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto; Kalaksa BPBD Jatim, Budi Santosa; Kadishub Jatim,Nyono dan OPD terkait. Serta Kabid PK BPBD Jatim, Andhika N Sudigda dan Kasie Kesiapsiagaan BPBD Jatim, Apal Supendi. [bed.gat]

Tags: