BPBD Kab Blitar Kembali Ajukan Anggaran Tahun 2015

7-FOTO KILAS 1 htn-Heru IrawanKabupaten Blitar, Bhirawa
Dari total dana bencana Kabupaten Blitar sebesar Rp 8 miliar, pada tahun 2014 ini hanya terserap sebesar Rp 2 miliar saja tau sekitar 25 pesen saja. Untuk itu pada tahun 2015 mendatang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar akan mengajukan kembali dan memanfaatkan sisa anggaran bencana tahun 2014 yang sampai saat ini sangat rendah penyerapannya.
Hal ini diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Heru Irawan. Dalam pembahasan RAPBD 2015, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar tidak mengajukan anggaran bencana. Namun sisa anggaran 2014 rencananya akan dipasang kembali di tahun anggaran mendatang. “Tahun 2014 BPBD mendapatkan kucuran dana bencana sebesar Rp 8 miliar, dimana dari jumlah tersebut, hanya terpakai Rp 2 miliar saja untuk penanggulangan bencana kelud beberapa waktu lalu,” kata Heru Irawan.
Lanjut Heru Irawan, karena anggaran bencana di Kabupaten Blitar masih tersisa anggaran sebesar Rp. 6 miliar, sisa anggaran inilah yang rencananya akan dipasang kembali dalam Rancangan APBD tahun 2015 mendatang. “Sehingga kami tidak perlu mengajukan anggaran kembali, sedangkanĀ  apakah akan ada tambahan anggaran di tahun depan atau tidak kami belum dapat memastikan,” jelasnya.
Sedangkan terhadap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) sendiri, menurut Heru BPBD Kabupaten Blitar baru akan mengajukan anggaran jika terjadi kondisi darurat bencana. Namun akan dilakukan jika anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Blitar melalui APBD tidak mencukupi. “Jika kekuatan anggaran daerah untuk menanggulangi bencana tidak mencukupi, maka bisa mengajukan kepada BNPB,” imbuhnya. [htn]

Keterangan Foto : Heru Irawan.

Tags: