BPJS Garap Penarik Becak dan Penjual Bakso

Surabaya, Bhirawa     
Keberadaan penarik becak dan penjual bakso serta pedagang kecil lainnya di negeri ini, khususnya Jatim dan Surabaya mendapat perhatian penuh kesejahteraan dan kesehatan mereka dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Jatim.
Menurut Kakanwil BPJS Jatim, Rizani Usman ketika ditemui disela-sela acara Customer Gathering di JW Mariot Hotel Jumat (14/3) akhir pekan lalu, keberadaan pedagang bakso serta penarik becak harus mendapatkan perhatian yang sama seperti masyarakat lain pada umumnya.
‘’Jika kesehatan mereka terjaga dan terjamin maka dalam mencari rejeki akan lebih mudah dan enak,’’ ungkap mantan wartawan ini.
Untuk suksesnya kerja besar ini tidak bisa dilakukan BPJS sendiri, karenanya harus bekerja sama dengan Pemprov Jatim agar apa yang dilakukannyua bisa menuai sukses. H Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul Wagub Jatim ketika ditemui secara terpisah pada acara yang sama menegaskan, Pemprov sangat serius dalam sehingga membentuk tim percepatan menuju masyarakat Jatim sehat dan sejahtera, tanpa membeda-bedakan status sosial yang mereka sandang dengan bergabung di BPJS.
Sebagai bukti keseriusannya Wagub telah mengikutsertakan semua pekerja yang ada di lingkungannya ke BPJS, baik yang mengurusi kepentingan dan rumah tangga Wagub, dengan harapan nantinya mereka akan mendapatkan jaminan sosial yang memadai.
Terhadap perusahaan yang ada di Jatim diminta memperhatikan kepentingan para tenaga kerja mereka karena ini merupakan amanat UU, sebagai sektor formal sehingga mereka nantinya mempunyai jaminan untuk ke depannya. ‘’Di Jatim ini masih 14% saja yang masuk ke BPJS dari sekian ribu perusahaan yang ada, makanya bagi yang belum supaya secepatnya masuk ke BPJS.  Apalagi pada 2015 BPJS akan mempunyai program baru yakni Jaminan Pensiun, sedangkan sejauh ini yang sudah berjalan adalah jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan kecelakaan kerja,’’ paparnya.
Untuk mensosialisasikan BPJS sebagai baju baru dari PT Jamsostek inilah  maka digelar Customer Gatheeing yang diikuti 250 customer se Jatim, tujuannya memberikan pemahaman yang baik terhadap mereka soal keberadaan BPJS dengan segenap program yang ada di dalamnya.
Hadir pada acara Customer Gathering ini selain Wagub Jatim adalah Dirut BPJS Elvin Massassasia, direktur kepesertaan wilayah Jatim Junaedi, Kadisnaker Jatim, Dr Eddy Purwinarto, Serta Kakanwil BPJS Jatim Rizani Usman. [ma]

Tags: