BPPD Pasuruan Gelar Lari Maraton Malam

7-FOTO B hil-2611-start lomba lari maraton malamPasuruan, Bhirawa
Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya di wilayah Prigen Kabupaten Pasuruan, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) setempat menggelar even Tretes Night Run 10K. Even yang dilaksanakan di kawasan lereng pegunungan Arjuno-Welirang ini digelar 6 Desember 2014 mendatang.
Ketua Panitia Tretes Night Run, Lukas Cahyabuana menyampaikan even lomba lari malam marathon ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan wisatawan untuk datang ke Kabupaten Pasuruan sebagai wilayah tujuan wisata. Even yang dimulai pukul 18.00-22.00 WIB untuk membuktikan bahwa Tretes cocok untuk tempat wisata keluarga dan memiliki pemandangan gunung yang menarik.
“Selama ini Tretes yang identik dengan prostitusi kami bersihkan menjadi Tretes tujuan wisata andalan untuk keluarga. Iven ini menyuguhkan even olahraga yang unik. Di Indonesia, lomba lari marathon merupakan even kelima dan satu-satunya yang digelar malam hari dengan rute track di pegunungan yakni Tretes Night Run 10K. Tentu semuanya ini demi promosi wisata sekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas tentang keindahan Tretes di malam hari,” tandas Lukas Cahyabuana, Rabu (26/11).
Adapun rute yang disiapkan, dimulai dari depan Hotel Surya Tretes, turun melewati sekitar air terjun Kakek Bodho, Hotel Pines Garden milik Presiden Joko Widodo, Telkom Prigen, Pesanggrahan, Ina Tretes, Pertigaan Prigen, Hotel Royal Tretes, Air Terjun Putuk Truno, Pasar Tretes, Jalan Argopuro, Villa Kapal dan Jalan Limas serta finish seperti di garis start.
Karena iven berada dikawasan wisata, even ini tentu akan sedikit mengganggu aktifitas masyarakat yang ingin berlibur di Tretes pada saat pelaksanaan. Pihak penyelenggara menghimbau agar wisatawan yang akan berkunjung ke Tretes bisa menyesuaikan diri.
“Rute peserta itu akan diberi tanda melalui jalur yang ditentukan. Kami minta masyarakat pengguna jalan bisa menyesuaikan diri lantaran arus lalu lintas menuju Tretes akan ditutup sementara mulai dari simpang tiga Prigen. Dan jalur akan dibuka kembali setelah lari marathon malam selesai,” ujar Lukas Cahyabuana.
Iven yang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Pasuruan terbagi dalam dua kategori yaitu dua kategori pelajar dan umum. Hingga saat ini, sejumlah pelari dari berbagai kota di tanah air sudah menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi.
Sedangkan targetnya peserta 2.000 orang. Dalam kesempatan ini, Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga akan memberikan diskon 25 persen khusus bagi peserta yang akan bermalam di hotel di kawasan Prigen. [hil]

Keterangan Foto : Sebuah Hotel Surya di Prigen Kabupaten Pasuruan dijadikan strart dan finish even Tretes Night Run 10K pada 6 Desember 2014 nanti. [hilmi husain/bhirawa]

Tags: