Bukalapak Gelar Ranger Camp Nusantara 2019 Ke-4 di Sentul Jawa Barat

Ranger Camp Nusantara 2019 Bukalapak

Surabaya, Bhirawa
Bukalapak sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia terus memberdayakan dan memajukan usaha kecil di Indonesia yakni melalui Komunitas Bukalapak. Bertempat di kawasan Sentul, Jawa Barat Komunitas Bukalapak kembali menggelar Ranger Camp Nusantara 2019 yang ke-4. Acara ini diperuntukkan bagi para Ranger atau Koordinator Lapangan Bukalapak di daerah yang merupakan bentuk apresiasi terhadap kontribusi Ranger sekaligus sarana pengembangan kapabilitas mereka sebagai pengusaha. Acara ini berlangsung 3 hari dari tanggal 15-17 Maret 2019 dan dihadiri oleh 100 ranger dari seluruh Indonesia.
Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengatakan, ”Ranger-ranger Komunitas Bukalapak di berbagai daerah ini merupakan perpanjangan tangan kami dalam mendorong pertumbuhan pelapak-pelapak di berbagai daerah. Walaupun ditengah kesibukan mereka berwirausaha, namun dedikasi mereka untuk turut memajukan pelapak di daerah nya baik mendorong mereka untuk go online, maupun berbagi bagaimana mengelola bisnis, sangat patut diapresiasi. Untuk itu, acara Ranger Camp ini diadakan.”
Kegiatan Ranger Camp ini mencakup pengembangan kapasitas diri sebagai pemimpin, pengembangan ide bisnis, pengembangan kolaborasi dalam komunitas,  serta mendorong terbentuknya opinion leader baru. Sehingga kedepannya, Komunitas-komunitas Bukalapak di seluruh Indonesia menjadi semakin kompak, loyal, karena dipimpin oleh Ranger-ranger yang memiliki kredibilitas terbaik.
Melalui Ranger Camp ini, telah berhasil mencetak opinion leader baru seperti Edy Suryo (29) Pelapak Bukalapak di Blitar dulunya bekerja di car wash (cuci mobil ) selama 3 tahun. Setelah bergabung ke Komunitas Bukalapak dan menjadi ranger kini Edy Suryo berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omzet perbulan mencapai lebih dari 75 juta. Tidak hanya itu Edy juga semakin aktif berkontribusi di berbagai kegiatan seperti seminar tentang bisnis online, dan juga memberikan inspirasi bagi usaha-usaha kecil di sekitarnya untuk turut berkembang.
Tahun 2016 yang lalu, Komunitas Bukalapak hanya di 5 kota, hingga tahun 2019 Komunitas Bukalapak tersebar di 142 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia, dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 30 ribu. Kegiatan Komunitas Bukalapak juga semakin bertambah hingga saat ini dengan semangat, keaktifan Ranger dan Komunitas Bukalapak di akhir 2018 mencapai lebih dari 1000 kegiatan di seluruh Indonesia seperti, Kopdar, Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK), program kemitraan,  dan workshop. Bukalapak berharap Komunitas Bukalapak dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan masyarakat sekitar.(ma)

Tags: