Bulaga New Normal di Kabupaten Jombang Dilaksanakan Dua Hari

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat membuka acara Bulaga di Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Kamis (24/09).

Jombang, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang kembali menggelar acara Bulaga (Bupati-Wakil Bupati Melayani Warga). Bulaga kali ini dilaksanakan di Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Kamis (24/09). Berbeda dengan 3 Bulaga sebelumnya yang dilaksanakan sebelum ada pandemi Covid-19 yang dilaksanakan selama 1 hari dengan melibatkan seluruh stand Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Jombang, namun Bulaga kali, dilaksanakan selama 2 hari.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab usai membuka acara Bulaga di Desa Janti mengatakan, dengan Bulaga, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, seperti pembayaran pajak hingga pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pada Bulaga New Normal ini, lanjut Bupati Jombang, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari.

“Dan seblumnya kita kasih undangan mereka yang akan meminta pelayanan di Bulaga. Biar tidak berdesakan, tidak berkerumun, kita menjaga protokol kesehatan,” kata Bupati Jombang.

Tampak di lokasi, sejumlah stand pelayanan dari sejumlah instansi tengah melakukan pelayanan kepada warga. Di antaranya seperti stand Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kesehatan, Bank Jatim, stand pelayanan SIM, dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di stand milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jombang.

Di stand milik Bapenda Jatim, UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jombang, Kepala UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jombang, Nunung Setyowati mengungkapkan, pihaknya membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor 1 tahunan di Bulaga tersebut.

“Tapi kebetulan kita sekarang ada program Gubernur yang pemutihan ini, bebas denda, bebas PPN itu, jadi itu juga kita inikan (sampaikan). (Bulaga) Ini kan setiap tahun, kebetulan kita mulai tahun 2018. Saya kira sangat menbantu juga kepada masyarakat,” kata Nunung Setyowati.

Sementara, di stand pelayanan milik RSUD Jombang, Direktur RSUD Jombang, Pudji Umbaran memaparkan, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, pihaknya tetap berpijak pada tema ‘Jombang Mendengar, Melihat, dan Sehat Jantung.

Bupati Mundjidah Wahab saat melihat pelayanan di stand UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jombang, Kamis (24/09). [arif yulianto/bhirawa].

“Sehingga layanan yang kami buka hari ini, ada spesialis mata untuk melayani masyarakat yang memiliki problem mata, kemudian THT, dan jantung,” kata Pudji Umbaran.

Disinggung lebih lanjut terkait respon masyarakat pada Bulaga di stand milik RSUD Jombang, Pudji Umbaran menjelaskan, banyak warga yang merespon. Namun karena pada masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan ada pembatasan, sehingga permintaan pelayanan warga tidak sebanyak pada Bulaga-Bulaga sebelumnya.

“Insya Alloh besok kan masih ada. Mungkin agak longgar, sehingga kunjungan bisa lebih banyak lagi. Alhamdulillah, (sejauh ini), tidak ada kendala,” jelas Pudji Umbaran.

Sementara itu, warga setempat yang memanfaatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di stand milik Bapenda Jatim, UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Jombang bernama Abdul Wahab (43), mengaku terbantu dengan adanya ajang Bulaga di desanya.

“Saya ngurus STNK, perpanjangan. Pelayanan bagus, lebih enak ini (Bulaga). Kan lebih dekat, lebih cepat. Ini juga langsung jadi,” tutur Abdul Wahab.(rif)

Tags: