Bulan Ini, Pemkab Mulai Perbaiki Jalan Rusak

Salah satu jalan di wilayah Kecamatan Grabakan yang kondisinya sangat memperihatinkan dan membahayakan penguna jalan. [khoirul huda/bhirawa]

Salah satu jalan di wilayah Kecamatan Grabakan yang kondisinya sangat memperihatinkan dan membahayakan penguna jalan. [khoirul huda/bhirawa]

Tuban, Bhirawa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan pada sejumlah ruas jalan yang mengalami kerusakan secara bertahap dengan anggaran dari APBD senilai Rp138 miliar hingga akhir April tahun 2014 ini.
Hal ini disampikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Media (Humas Media) Pemkab Tuban Teguh Setyobudi. Saat ini Pemkab sudah menyelesaikan tahap perencanaan untuk perbaikan dan perawatan ruas jalan yang ada.
Selanjutnya, pelaksanaan proyek pengerjaanya, karena anggaran perbaikan dan perawatan jalan telah masuk pada anggaran tahun 2014. “Secara bertahap dilaksanakan mulai akhir Maret kemarin hingga akhir April 2014,” kata Teguh Setyobudi.
Dari total jalan yang ada di Kabupaten Tuban sepanjang  230.000 kilo meter, sekitar 15 persen mengalami rusak ringan, sedang hingga rusak berat, tersebar di seluluh Kabupaten.
Dijelaskan Teguh, penyebab kerusakan jalan juga beragam, mulai faktor alam hingga faktor manusia yang menggunakan jalan tidak semestinya, yakni melebihi kapasitas muatan.  “Pada umumnya karena pembebanan kendaraan yang melebi kapasitas jalan dan alam, seperti air (Banjir) dan kondisi tanah yang labil,” jelas Teguh.
Diberitakan sebelumnya,  rusaknya sejumlah akses jalan di poros Pedesaan, dikeluhkan warga karena mobilitans mereka menjadi tidak lancar. Selain itu, parahnya kondisi jalan juga tidak jarang mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan yang  tidak mengetahui kondisi jalan rusak. [hud]

Tags: