Bulan Ramadan, Vaksinasi Covid-19 di Bojonegoro Tetap Jalan

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, Dr. Whenny Dyah Prajanti.

Bojonegoro,Bhirawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan akan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 saat dibulan suci Ramadan.
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, Dr. Whenny Dyah Prajanti, menyampaikan, bahwa pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan masih akan tetap dilaksanakan, terlebih Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat Ramadan tidak membatalkan puasa.

” Tidak batal, karena disuntikan ke otot bukan diminum vaksinnya,” ungkap dr. Whenny, kemarin ( 8/4).

Masih kata dr Whenny mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi dibulan ramadan tidak ada persiapan khusus. Persiapannya tetap sama seperti vaksinasi di hari biasa, yaitu harus istirahat yang cukup sebelum penyuntikan, dengan makan sahur dan minum yang cukup sudah aman untuk divaksin.

” Tempat vaksin tidak ada perubahan, Vaksinasisi masih dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada di Bojonegoro,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pihaknya masih melihat efektivitas vaksinasi, diantaranya skema melakukan percobaan vaksinasi di pagi hari untuk melihat antusiasme dari masyarakat.

” Vaksinasi covid -19 insa allah akan dilakukan pada pagi hari. Karena lebih efektif untuk mendapatkan sasaran vaksinasi, kalau malam konsentrasi ibadah dimalam bulan Ramadan,” jelasnya.

Pihaknya juga mempertimbangkan jika dilaksanakan pada malam hari dikuatirkan tingkat partisipasi dan kehadiran masyarakat menjadi berkurang karena sedang melakukan ibadah taraweh.

” Selain itu juga mempertimbangkan efektivitas dari tenaga kesehatan yang tentunya sudah melakukan kegiatan di siang hari,” imbuhnya.

Dr. Whenny juga menghimbau dan berpesan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M, karena meskipun sudah disuntik vaksin tetap mungkinan tertular Covid-19 dengan gejala ringan atau bahkan tidak bergejala. [bas]

Tags: