Bupati Anas Dorong BUMN Kembangkan Wisata

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

Banyuwangi, Bhirawa
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mendorong BUMN PT Perkebunan Nusantara XII untuk memaksimalkan potensi wisata di area perkebunan yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi. Ia pun siap membantu promosinya sebagai bentuk sinergi.
Anas mengatakan banyak potensi wisata alam yang bisa digarap di area perkebunan cokelat, karet, dan kopi. Wisata alam yang dimaksud Anas contohnya cara menyadap karet atau memetik kopi untuk kemudian diproses di area itu. “Kedepan kita tidak kekurang tempat wisata lagi,” kata Bupati Anas saat berdiskusi bersama perwakilan PTPN XII dan Perhutani, Kamis (8/1).
Sambil menggarap wisata kebun, ia menyarankan guest house PTPN XII yang berarsitektur kolonial hendaknya disewakan. Bupati Anas berencana menawarkan paket wisata perkebunan ini kepada agen travel. “Jika sudah ada rancangannya, kita bisa ketemu lagi untuk membahas lebih lanjut. Saya bantu promosi, saya hanya ingin Anda mendapat opportunity (peluang) atas geliat wisata di Banyuwangi,” ujarnya.
Kepada PTPN XII dan Perum Perhutani, Bupati Anas juga meminta bergotong royong mereduksi angka buta huruf, merenovasi rumah warga miskin di sekitaran area operasi, dan ikut membangun infrastruktur jalan. “Hasil identifikasi tim penanggulangan kemiskinan, sebagian penduduk miskin yang tersisa di Banyuwangi ada di sekitar wilayah perkebunan dan hutan,” kata Bupati Anas.
Karena itu Bupati meminta pemangku perkebunan dan hutan menyisihkan dana corporate social responsibilty (CSR) perusahaan untuk mengurangi jumlah penduduk miskin. Ia mendorong pengentasan kemiskinan melalui private partnership di masyarakat. “Ini cara-cara baru agar penyaluran CSR lebih terukur,” ujarnya.
“Ibu-ibu yang tidak bisa baca dikumpulkan di tempat yang mudah diakses dan staf pengajarnya bisa dari istri para pekerja perkebunan. Saat pulang, dikasih hadiah misalnya deterjen atau sabun mandi, pasti antusias untuk datang,” tambah Anas.
Perihal infrastruktur jalan di area perkebunan, Bupati Anas berharap ada pavingisasi dengan ukuran K300. Atas seruan ini, Sutrisno menjawab: “Kami akan siapkan materialnya.”
Manajer Wilayah I PTPN XII, Sutrisno, menyambut baik arahan Bupati Anas tersebut. Ia mengaku telah menginventarisasi tujuan wisata seperti pantai Pulau Merah, Teluk Hijau, dan Sukamade yang potensial untuk digarap karena melintasi kawasan perkebunan cokelat dan karet. Di kawasan itu, kata dia, perseroan mempunyai guest house di perkebunan kandang lembu dan sumber jambe. “Sebagian sudah kami komersialkan dan sisanya masih tahap perkenalan,” kata Sutrisno.
Selain itu, dia akan mengumpulkan foto guest house dan menentukan rute-rute pariwisata perkebunan yang bisa ditawarkan ke pelancong. Termasuk cara mengolah gula merah, kopi, dan cokelat bisa dijadikan paket wisata menarik. “Di guest house itu nanti bisa diajari bagaimana membuat kopi yang enak dan bagaimana menilai kopi,” ujarnya. [nan]

Tags: