Bupati Bebaskan BPHTB

5-achKnv-bptSidoarjo, Bhirawa
Untuk memberikan kemudahan kepada warganya mendapatkan sertifikat kepemilikan rumah. Bupati Sidoarjo telah membebaskan Bea Perolehan Hak AtasTanah dan Bangunan (BPHTB), khususnya kepada warga korban Lumpur Lapindo.
Menurut Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah SH MHum, Jum at (5/4) lalu, usai mengikuti acara penyerahan sertifikat Perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV) kepada 683 warga penghuninya atas ganti rugi korban Lumpur Lapindo yang sudah terdaftar mulai hari ini.
Menurut Bupati Saiful, pemberian pembebasan pajak BPHTB ini diberikan hanya kepada warga yang terkena dampak Lumpur Lapindo saja. Sementara untuk warga yang tak terkena dampak Lumpur Lapindo tidak mendapat pembebasan pajak. ”Tujuan kami berikan kebebasan agar mereka cepat mendapatkan sertifikatnya, prosesnya juga akan lebih cepat. Kasihan mereka telah menunggu lama sekali untuk mendapatkan hak-haknya,” katanya.
Sementara itu, CEO PT MMS (PT Mutiara Masyhur Sejahtera), Boy Taufik Arifin mengatakan, jumlah yang sudah terdata untuk mendapatkan sertifikat sebanyak 683 warga. Namun yang resmi mendapatkan kini hanya 10,9%-nya saja atau sebanyak 75 penghuni. Lainnya harus sabar menunggu giliran. Pasalnya, kondisi lahannya masih bersifat sertifikat induk.
”Sertifikatnya masih terdapat 68 bidang, namun mewakili dari 1.136 kavling atau petak rumah. Jadi kami akan memproses sertifikat itu untuk dilakukan pemecahannya dijadikan nama-nama warga. Semoga prosesnya tak akan lama lagi, karena beberapa pihak terkait, termasuk BPN juga sudah membantu,” jelasnya.
Terpisah, Susianti warga Blok G6 nomer 6 sangat merasa senang mendapatkan sertifikat. ”Senang sekali mas, saya telah berjuang dan menunggu kejelasan sertifikat selama 8 tahun. Saya juga berharap yang berikutnya juga lebih cepat mendapatkan sertifikat seperti saya,” haranya. [ach]

Rate this article!
Bupati Bebaskan BPHTB,5 / 5 ( 1votes )
Tags: