Bupati Beber 9 Program Prioritas di Depan Pimpinan DPRD

Plh Bupati Syaifullah saat melakukan serah terima jabatan kepada Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Khoirani di pendopo Amukti Praja. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Situbondo Khoirani mengikuti rapat paripurna istimewa di Pendopo Amukti Praja, kemarin lusa. Paripurna dengan agenda utama serah terima jabatan dari Plh Bupati Syaifullah kepada Bupati dan Wakil Bupati Karna Suswandi dan Khoirani juga diikuti pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Situbondo. Pelaksanaan acara berjalan lancar hingga sore hari.

Menurut Bung Karna, panggilan akrab Karna Suswandi, ia menyampaikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati selama lima tahun kedepan. Dihadapan anggota DPRD Situbondo, Bung Karna menyampaikan sejumlah progam prioritas untuk membangun Kabupaten Situbondo, pada satu periode mendatang.

Dalam paparannya Bung Karna mengambil tema utama Berjaya yang merupakan makna dari Berakhlak, Sejahtera, Adil dan Berdaya. “Ini salah satu prioritas kami kedepan,” ujar mantan Kadis PUPR Kabupaten Lumajang itu.

Menurut Bung Karna, ada sembilan program prioritas yang akan dikerjakan selama memimpin Kabupaten Situbondo. Satu diantaranya, program Sehati atau Sehat Gratis. Dari program ini, aku Bung Karna, setiap warga miskin cukup menunjukan e-KTP untuk berobat di Puskesmas dan Rumah Sakit kelas III.

“Kami nanti juga akan memiliki program Situbondo cerdas. Program ini mengandung arti beasiswa untuk jenjang pendidikan,” papar Bung Karna.

Selain itu, Bung Karna juga menyampaikan hasil penanganan Covid-19 di Kota Santri Situbondo. Saat ini, menurut dia, Kabupaten Situbondo sudah masuk katagori zona kuning atau risiko rendah dari penyebaran Covid-19.

Terbukti, beber Bung Karna, dari 3.338 RT (Rumah Tangga) di Kabupaten Situbondo, sebanyak 3.327 masuk dalam katagori RT zona hijau. “Sisanya sebanyak 47 RT, masuk dalam katagori zona kuning,” ujar Bung Karna.

Bung Karna menambahkan, ia juga melaporkan dari 132 Desa dan 4 Kelurahan yang ada di Kabupaten Situbondo semua sudah terbentuk posko dan kampung tangguh.

Kata Bung Karna, dengan rangkaian keberhasilan itu ia patut menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya (Dadang Wigiarto dan Yoyok Mulyadi).

“Berkat adanya dedikasi Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya kini Kabupaten Situbondo mampu menorehkan prestasi yang menonjol,” jelas Bung Karna. [awi]

Tags: