Bupati Blitar Serahkan SK CPNS Honorer K2

23-PelantikanKabupaten Blitar, Bhirawa
Setelah tahapan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tenaga Honorer Kategori II selesai, akhirnya Bupati Blitar, H. Herry Noegroho secara simbolis menyerahkan SK CPNS  Formasi Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2014  kepada 479 CPNS di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (21/1) kemarin.
Penyerahan tersebut juga disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Blitar, Drs. H Rijanto, Sekretaris Daerah, Drs. Palal Ali Santoso, Kepala BKD, Ahmad Lazim serta beberapa kepala SKPD dan Camat.
Dalam sambutannya, Herry mengucapkan selamat terhadap para CPNS itu. Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga mengingatkan, agar bekerja secara disiplin, professional dan meningkatkan prestasi kerja.
“Pasalnya PNS adalah abdi negara, pelayan masyarakat yang bisa bekerja secara professional untuk melayani masyarakat,” kata  Herry.
Selain itu dikatakan  Herry, meskipun Pegawai Negeri bergaji kecil, untuk itu harus disadari sejak dini bahwa tujuan ingin menjadi PNS untuk menjadi kaya tidak tepat. Sehingga diharapkan kedepan tidak ada perilaku menyimpang yang bisa menyeret kedalam masalah hukum.
“Pegawai Negeri juga harus bisa menghindari hal-hal tercela seperti minum minuman keras, narkoba, perbuatan asusila, berjudi dan poligami,” ujarnya.
Bupati juga berpesan, para CPNS ini wajib membuat Sasaran Kerja Pegawai (SKP), ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. Bahka para CPNS ini juga harus mempersiapkan diri, karena sekitar bulan Pebruari dan Maret Tahun 2015 akan mengikuti latihan Prajabatan selama 6 hari yang bertempat di Badan Diklat Provinsi Jatim.
“Jika tidak lulus Prajabatan, maka tidak bisa diangkat sebagai PNS di Pemerintah Kabupaten Blitar,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blitar, A.Lazim, SE,MM dalam laporannya mengungkapkan,  pada tanggal 3 September 2013, honorer K2 yang menjalani ujian sebanyak 1.543 orang dan lulus seleksi 518 orang. Usulan ke BKN terkait NIP sejumlah 518 dan persetujuan dari BKN Tahun 2013 sebanyak 250 orang, Tahun 2014 sejumlah 229 orang, dan sisanya masih dalam proses di BKN.
“Jika berkas usulan tersebut tidak memenuhi syarat, maka tidak bisa menerima SK sebagai CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, dan SK terkait penerbitan NIP menjadi kewenangan BKN,” terang Ahmad Lazim.
Adapun jumlah penyerahan SK kali ini untuk formasi Tahun 2013, formasi guru golongan II sebanyak 21 orang, golongan III sejumlah 147 orang dan tenaga admnistrasi atau teknis golongan 1 sebanyak 20 orang, golongan II berjumlah 36 serta golongan III sejumlah 11 orang.Sedangkan tenaga kesehatan sejumlah 15 orang. Sementara itu pada Formasi Tahun 2014 untuk guru  golongan II berjumlah 43 orang, golongan III sebanyak 110 orang dan tenaga administrasi atau terknis golongan 1 sejumlah 10 orang, golongan II yakni 47 orang dan golongan III sebanyak 5 orang. Sementara dari tenaga kesehatan golongan II sejumlah 14 orang.  Seperti diketahui, SK petikan Bupati Blitar terkait pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS yakni, Untuk golongan I, SK petikan Nomor 813.1/176/409.205/SK/2014, golongan II Nomor 813.2/180/409.205/SK/2014 dan golongan III Nomor 813.3/178/409.205/SK/2014. Terhitung 1 Juli 2014, mereka menjadi CPNS Pemerintah Kabupaten Blitar.
Usai penyerahan SK, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Palal Ali Santoso, MM menegaskan, para CPNS yang baru saja mendapat SK harus tetap disiplin, kerja keras, cerdas dan ikhlas sebagai pelayan publik.
“Kinerja yang baik untuk melayani masyarakat, merupakan salah satu kunci keberhasilan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Palal Ali Santoso. [htn.adv]

Keterangan Foto : Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH saat menyerahkan SK CPNS Honorer K2 di Pendopo Kabupaten Blitar.

Tags: