Bupati Bondowoso Sosialisasikan Pilkades Serentak 176 Desa

pilkadesBondowoso, Bhirawa
Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni menggelar rapat koordinasi untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Tahun 2015 di Pendopo kabupaten Senin (26/1) yang direncanakan serentak pada tanggal 1 Juni mendatang.
Hadir dalam rapat koordinasi sekaligus sosialisai tersebut, para Kepala Desa se Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 209 Kades, para Camat, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum, Asisten I serta Ketua DPRD dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).
Kepada sejumlah wartawan usai acara tersebut Bupati Amin Said Husni menjelaskan, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan pemilihan kepala desa tahun ini akan dilaksanakan secara serentak pada 176 desa yaitu pada tanggal 1 Juni 2015 mendatang. Menurutnya, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemkab bondowoso salah satunya tentang pembentukan Peraturan Daerah-PERDA tentang pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa.
“Berbagai persiapan sudah kita lakukan, apalagi Perda sudah kita tetapkan bersama DPRD beberapa waktu lalu”, katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menjelaskan jika tahapan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa-Pilkades akan mulai dilaksanakan 1 Februari mendatang, Tahapan yang akan dilaksanakan terlebih dahulu yaitu pembentukan panitia dan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya hingga tahapan pemungutan suara pada awal 1 Juni 2015. “Untuk tahap awal yaitu pembentukan panitia, yang jadwalnya kita rencanakan pada tanggal 1 Februari mendatang”, ujarnya.
Dalam pelaksanaan tersebut menurut Amin, Pemkab bondowoso telah mengalokasikan dana untuk pelaksanaan pilkades yaitu sekitar 15 hingga 30 Juta Rupiah untuk masing-masing desa,  Dana tersebut diberikan sesuai dengan jumlah hak pilih yang ada di masing masing desa. “Jadi untuk pembiayaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa sebagaimana amanat UU Desa dan Perda akan dibiayai melalui APBD”, imbuhnya.
Sementara itu H.Ahmad Dhafir Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso saat ditemui Bhirawa menjelaskan, sesuai dengan peraturan yang berlaku tahun 2015 untuk pertama kali kabupaten bondowoso akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 176 desa secara serentak hanya dalam sehari atau sesuai jadwal yang ditentukan.
Sampai saat ini aturan yang tercantum dalam PERDA pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa sudah disampaikan kepada perangkat desa yang bersangkutan melalui kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten secara bertahap.
”Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan persyaratan calon kepala desa harus bebas dari Narkoba dan tidak menderita penyakit HIV atau penyakit mematikan lainnya”, ungkap Dhafir kemarin.
Dhafir menambahkan, Panitia Pelaksanaan Pilkades juga dilarang untuk memungut biaya selama tahapan Pilkades berlangsung, Ini dilakukan dengan tujuan agar kepala desa yang nantiya terpilih sesuai dengan pilihan rakyat serta meminimalisir terjadinya korupsi. [mb7]

Tags: