Bupati Gresik Ajukan Tiga Tantangan bagi 364 CPNS

Para CPNS saat menandatangani berkas berita acara. [kerin Ikanto]

Pemkab Gresik, Bhirawa
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kabupaten Gresik. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman kantor Bupati Gresik pada Kamis (2/12).
Turut hadir pada kegiatan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) hari ini, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Plt Badan Kepegawaian Kabupaten Gresik (BKD) Nasriyah dan seluruh kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik.
Dalam sambutannya Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengucapkan selamat dan sukses kepada 364 CPNS yang hari ini diambil sumpahnya untuk menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan Kabupaten Gresik.
Bupati Yani menambahkan bahwa CPNS yang diambil sumpahnya hari ini merupakan energi baru bagi Kabupaten Gresik dan merupakan modal untuk akselerasi kemajuan bersama.
“Saya berharap saudara-saudara bisa bekerja lebih keras, penuh inovasi dan kaya kreativitas tidak lain untuk Gresik yang kita cintai,” ujar Bupati Yani.
Bupati Yani menambahkan ada 3 tantangan besar yang harus berhasil dihadapi untuk mencapai tujuan kemajuan bersama. Ketiga tantangan tersebut diantaranya adalah pekembangan teknologi.
Bupati Yani berharap dengan adanya energi baru dari CPNS yang diambil sumpahnya hari ini akan muncul gagasan yang visioner dan melek teknologi.
Hal ini lantaran perkembangan zaman menuju era 4.0 dan ditambah dengan pandemi yang mempercepat digitalisasi di segala aspek, sehingga apabila tidak beradaptasi maka otomatis akan ditenggelamkan oleh teknologi tersebut.
Tantangan berikutnya adalah pandemi Covid-19 yang masih menghantui keseharian. Meskipun saat ini trend kasus positif di Kabupaten Gresik semakin menurun, bukan berarti Covid-19 sudah hilang dan kita bisa melupakan protokol kesehatan.
“Saat ini kita sudah berada di Level 1, tetapi kita tidak boleh lupa 2-3 bulan kebelakang dimana banyak sahabat dan orang terdekat kita yang terkena dampak Covid-19. Maka sudah merupakan kewajiban dan tanggung jawab kita untuk memberikan pelayanan mendasar yang terbaik. Jangan meremehkan, jangan membeda-bedakan,” pesan Bupati Yani.
Tantangan terakhir adalah jangan terjebak dengan rutinitas. Dengan terjebak dengan kebiasaan yang berulang-ulang, maka inovasi dan terobosan baru tidak akan muncul dari diri masing-masing.
“Semoga dengan dilantiknya saudara-saudara hari ini, bisa memberikan warna baru, terobosan baru, energi baru untuk kemajuan Kabupaten Gresik,” tutup Bupati Yani.
Dari laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil diawal sambutan, bahwa pengambilan sumpah PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Gresik yang diadakan hari ini merupakan ketentuan yang diatur pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), bahwa setiap calon PNS yang diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji.
Pada kesempatan ini, diambil sumpah/janji sebanyak 364 CPNS formasi tahun 2019 dengan rincian golongan ruang II/c 20 orang, III/a 313 orang dan III/b 31 orang. [eri]

Tags: