Bupati Gresik Imbau Sektor Industri Kerajinan Berbenah

10-ft pengukuhan-kerin-1Gresik, Bhirawa
Menjelang pasar bebas 2015 mendatang, Bupati Gresik, Ir Sambari Halim Radianto MSi minta sektor industri dan kerajinan berbenah dan berinonasi. Jika tidak, maka akan tergilas produk dari luar negeri yang kualitasnya lebih baik.
Menurut Bupati Sasmbari usai mengukuhkan Tim Pembina Dan Pengurus Kerajinan Kecamatan se Kab Gresik bertempat di Gedung Putri Mijil, Selasa (9/9). memang sudah saatnya industri dan kerajinan kreatif dan inovatif. Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan persaingan bebas, tentunya bagi pelaku ekonomi harus membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan. Sehingga diharapkan mampu bersaing dengan produk luar negeri.
Dihadapan 168 peserta, bupati menjelaskan, pembentukan pembina dan pengurus Dekranasda tingkat kecamatan merupakan upaya mempersiapkan pelaku ekonomi, pengrajin dalam menghadapi persaingan pasar bebas. Maka diperlukan tenaga-tenaga yang handal dalam memperluas daya saing, hingga ketingkat kecamatan, bahkan kalau bisa mulai tingkat desa sampai kabupaten.
Menurut Bupati, sebagai langkah utama yang harus dilaksanakn yaitu memberikan pembinaan dan bimbingan kepada pengrajin. Sehingga diharapkan mereka mampu berkreatif dan berinovatif pada produknya sesuai harapan masyarakat.
”Sebab tujuan utama Dekranasda yaitu untuk mengoptimalkan kelembagaan kerajinan dalam meningkatkan eksistensi pengrajin. Dan jangan¬† kuatir, camat harus bertanggungjawab tentang keberhasilan pengrajin di tempatnya,” tegas Bupati
Sebagai bentuk kepedulian Pemkab Gresik dengan para pengrajin, bupati berjanji akan memberikan tempat yang layak yang bisa dijadikan untuk showroom atau tempat pameran dan tempat berjualan produk-produk unggulan kecamatan di Terminal Parkir Malik Ibrahim baru di Desa Lumpur, Kec Gresik karena lokasinya pinggir pantai.
Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kab Gresik Hj Maria Ulfa berharap setelah pengukuhan¬† agar produksinya jangan monoton saja. Namun lebih kepada kreatifitas dan inovasi. ”Untuk itu kita gali potensi-potensi yang ada di kecamatan, sehingga bisa bersaing dengan daerah lain. Langkah selanjutnya yaitu membuat katalog produk unggulan dari masing-masing kecamatan. Hal ini akan lebih mempermudah kita dalam berpromosi produk-produk unggulan masing-masing kecamatan,” katanya.
Menurut istri Bupati Gresik ini, Dekranasda merupakan wadah pengrajin seluruh Kab Gresik. Dengan hadirnya Dekranasda di kecamatan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Berkreatif dan berinovatif¬† itu lebih baik sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya. [eri]

Keterangan Foto : Bupati Gresik saat mengukuhkan tim pembina dan pengurus kerajinan kecamatan. [kerin ikanto/bhirawa]

Tags: