Bupati Gresik Sampaikan SPT Pajak

Bupati Gresik saat sampikan SPT tahunan melalui e filing. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Meski ditengah situasi kurang kondusif merebaknya Corona Virus Disease (COVID-19), Bupati Gresik Sambari Halim Radianto tetap melaksanakan kewajibannya sebagai Wajib Pajak (WP).
Selasa (17/3) orang nomer satu di Pemkab Gresik ini menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2019 nelalui media elektronik atau yang biasa dikenal e-filling .
Selain memenuhi kewajibannya selaku warga negara yang baik sekaligus Wajib Pajak (WP), Bupati Sambari memberi contoh kepada masyarakat bahwa mengisi dan menyampaikan SPT itu bukan sesuatu yang sulit.
“Anda tidak harus datang ke kantor pajak, karena situasi dan kondisi yang kurang kondusif seiring merebaknya virus Corona. Cukup mengisi di rumah saja melalui e-filling. Himbauan ini terutama bagi para wajib pajak yang tempat tinggalnya jauh dari kantor Pelayanan Pajak” tandas Sambari saat itu didampingi oleh Plh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Selatan-Andi Wachju Muliadi.
Himbauan Bupati ini juga sebagai bentuk motivasi untuk seluruh ASN Gresik, dan seluruh pejabat Pemkab Gresik agar memanfaatkan e filling untuk penyampaian SPT, sebelum batas akhir yaitu April 2020.
Hal ini sesuai Edaran Menpan RB nomer 8 tahun 2015, bahwa ASN, TNI dan Polri wajib melakukan pelaporan SPT tahunannya melalui e-filling.
Sementara, Andi Wachju Muliadi menyambut baik motivasi yang diberikan Bupati Sambari itu. Bupati menyatakan, kontribusi pajak terhadap APBN sebesar 83%. Dengan nilai prosentase yang begitu tinggi, berarti wajib pajak sangat berpengaruh terhadap pembangunan negara.
“Pajak yang telah dibayar oleh Wajib Pajak akan dikembalikan lagi ke wilayah Gresik dalam bentuk bagi hasil pajak berupa Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus serta Dana Desa” tandas Andi. [eri]

Rate this article!
Tags: